Prof. Sofjan: Bubarkan DPR, Tanpa DPR, RI Tak Akan Bubar

Spread the love

BataraNews.com – Sudah terbukti DPR selama ini telah menjadi bagian dari biang korupsi dan membebani keuangan negara. Setelah DPR dihapuskan, fungsinya cukup diwakili DPD. Tanpa DPR, RI tak akan bubar.

Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar di Den Haag menanggapi maraknya kembali studi banding rombongan-rombongan anggota DPR ke berbagai benua, Minggu (26/8/2012).

Ratusan triliun uang rakyat dari pajak dihisap oleh anggota DPR tanpa ada hasil dan feedback signifikan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa mereka pun tidak akan terjadi stagnasi demokrasi di Indonesia” ujar Sofjan.

Sofjan mengingatkan bukankah uang untuk membiayai para anggota DPR dan dihambur- hamburkan itu bersumber dari pajak jerih payah rakyat dan utang negara, yang lagi-lagi beban utang itu akan dipikulkan juga di pundak rakyat dan rakyat yang menanggungnya.

Lanjut Sofjan, meskipun rasionya 26,9% dari PDB dan selalu dikatakan aman, namun utang Indonesia pada semester pertama tahun ini bertambah Rp 146,59 triliun, sehingga total utangnya menjadi Rp 1.950,08 triliun. DPR malah bergaya hidup seolah-olah Indonesia tak punya utang segudang.

“DPR memang pilar negara demokrasi, namun karena DPR telah terbukti menjadi lembaga terkorup, menjadi beban, hanya menjadi dekorasi demokrasi, maka sudah saatnya untuk melakukan terobosan hukum membubarkan DPR dan lembaga DPRD di daerah-daerah” cetus Sofjan.

Menurut Sofjan, setelah DPR dan DPRD dibubarkan, maka fungsi dan tugasnya diserahkan kepada DPD, sehingga negara bisa menghemat uang pajak ratusan triliun rupiah per tahun, yang bisa digunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru atau mempercepat pelunasan utang.

“Negara demokrasi bisa eksis dengan satu kamar tanpa dua kamar seperti Belanda dan Inggris,” imbuh Sofjan.

Sofjan menyoroti, bahwa selain gaya hidup dan skandal-skandal korupsi DPR, biaya untuk mengongkosi mereka selama ini ternyata juga terlalu berlebihan. Total jenderal ratusan triliun uang rakyat dihabiskan untuk menanggung tetek bengek fasilitas, tunjangan, gaji, rumah dinas, mobil, dll dari DPR sampai DPRD.

“Anggaran dan biaya DPR terlalu super mewah, melebihi parlemen di berbagai negara kaya di dunia. Di Belanda gaji seorang anggota parlemen tidak lebih dari EUR 5000 netto, padahal living cost di Belanda jauh lebih mahal dari Indonesia” papar Sofjan.

Hemat Sofjan, lembaga perwakilan tidak mesti full time, cukup part time seperti gemeente raad di Belanda dan negara lainnya. Untuk tingkat daerah tidak perlu diberi fasilitas rumah dan kendaraan dan fasilitas tetek bengek, cukup diberi honor setiap ada rapat dan tugas.

“Dengan postur rasional seperti itu, negara selain akan menghemat ratusan triliun, juga sekaligus mendidik agar orang tidak rebutan menjadi wakil rakyat. Mereka yang mau menjadi wakil rakyat adalah yang benar-benar ingin berbakti kepada negara,” terang Sofjan.

Untuk merealisasikan hal itu, Sofjan mendorong agar dilakukan amandemen semua Undang- undang Pemilu dan Undang-undang Susduk MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

“Persoalannya mau tidak mereka kehilangan segala kemewahan dan siap mengabdi pada negara dengan imbalan minimalis rasional, sesuai kadar kerjanya, seperti wakil-wakil rakyat di Belanda dan Eropa umumnya,” pungkas Sofjan.

  • LANJUTKAN!!

  • Sis wanto

    Setuju banged dgn yg ini

  • AGUS ROSYIDI

    SETUJU BANGET, sebaiknya segera direalisir. Ajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK ) atau adakan REFERENDUM.

  • Alfi Rompas

    1000% SETUJUUUU Mr Prof

  • John Doan’k

    Setuju sekali, berapa trilyun uang yg harus negara bayar buat badut2 tidak berguna itu, yg hanya bisa mencaci maki pemerintah dan menggerogoti uang negara. Melebihi lintah saja DPR itu.

  • Wahyu Wiyono

    Sangat setuju Prof Lanjut ………….

  • Essatia Maudy Tifani Andreass-

    Setuju..bikin malu aja..kok heran ya..klau negara” lain waktunya sidang” penting serius menyimak..cuman di indonesia yg kaya gini..

  • AMANAH ZULHIT

    DASAR TAK PUNYA OTAK WAKIL RAKYAT INI…!!!
    TIDUR DISAAT SIDANG…WOIIII KAU ITU DIGAJI OLEH UANG RAKYAT…TAK MALU JADI ANGGOTA TERHOMAT BEGINI…LEBIH BAIK BERHENTI..KALAU KALIAN PUNYA MALU….!!!!

  • Lily Mutiara

    Cuma ada di Indonesia lho ini 🙂

  • Manihuruk

    DPR RI jaman orba jauh lebih berbobot dari pada DPR jaman sekarang…

  • yusuf

    Di lanjut…..bubarkan… 90% rakyat indonesia pasti mendukung

  • Nurdin Buatan

    Setuju di kurangi saja fasilitas mewahnya rumah, mobil honornya yang begitu dahsyat dan segala tete bengek nya. .
    Biar dilihat siapa yang benar2 untuk rakyat tanpa semua fasilitasnya tete bengeknya itu. .

  • Noverizal Ardiansyah

    G ad guna na DPR rapat k antar negara, ini cm akal” an mereka utk menghabiskan anggaran dan berfoya”, ap lg anak anggota DPR selalu membuat onar dan sesuka na menghaburkan duit mentang” org tua na pejabat,,,,ga jaman na lg negara ini d wakil kan oleh wakil rakyat yg d nama kan DPR, percuma punya wakil yg ketua na rakyat msh susah gini tetapi mereka yg menghamburkan duit rakyat utk kepentingan sendiri, ibarat uang kita sebagai rakyat yaitu kuda yg besar dan banyak seperti pajak dll yg harus na d gunakan utk pembgnan negara dan kepentingan rakyat lain yg msh kekurangan di tunggangi oleh wakil rakyat yg menggunakan utk kepentingan na sendiri, saya pribadi setuju dengan pembubaran DPR dan DPRD, mereka pembohong dan koruptor yg maling uang rakyat…saya malu mengakui mereka itu wakil saya,…#BUBARKAN DPR dan kibarkan sangmerahputih

    • Erwin Haryanto

      Tidak sutuju…. lebih baik musnakan saja, masukkan ke tong sampah para tikus tikus berdasi itu…

  • Mastoer Echo Dan Riniey

    SETUJUUUUU……

  • Ook Ibenk

    Setubuhhh, ehh salah, setujuuuuuuuuu buangett

  • Hardhi Catur Wibowo

    Setuju bubarkan saja, fungsikan DPR dan DPRD selayaknya LKMD dulu di Desa kerjanya atau monitornya hanya ada kegiatan. Non Honor kalo mau di bilang pengabdian masyarakat.

  • Tan_Malaka_My Hero

    alaaa.. paling ntar spr ADIAN nya PDIP… caci maki anggota DPR tidur , pas jadi DPR , tidurnya lebih parah

  • Meneer Faisal Rijkaard

    Mereka anggota DPR ga salah…soalnya mereka udah bayar miliyaran sama orang yg milh mereka jadi wajar aja mereka nikmati apa yang udah mereka kluarkan…jadi putuskan sendiri siapa yg salah mereka berbuat seperti itu..

  • agusthuru

    Bapa dan ibu DPR…..kalau satu tahun bekerja hanya berhasil menetapkan empat UU, wouuhhh itu sudah keterlaluan. Kamu kerja apa saja? Itu hasil dari waktu sidang, baik laki-laki maupun perempuan ngantuk dan tidur di atas meja. Lalu rajin studi banding baik berjemaah maupun berdua-duaan. Ada yang ke luar negeri dan ada yang ke hotel Arjuna tidur bareng dengan pak Dandim. Ada yang isap narkoba, sibuk korupsi dan……kenapa kamu selalu membuat rusak martabat wakil rakyat? Benar….BUBARKAN SAJA DPR ITU.

  • Ahmad Jamli

    Klu mau bubarkan DPR mudah sj Prof. tergantung
    rakyat, klu rakyat sdh benar2 muak dg anggota DPR, jadi pd Peleg th 2019 tdk perlu dilaksanakan

  • arif critalist

    Yo ayo setuju, biar negara ini jadi kerajaan saja. Bapak jokowi rajanya. Sip.

  • hukum mati koruptor setuju….

    Kalo dibubarkan setuju banget…mereka tikus pemakan uang rakyat yang kerjaan nya hanya tidur dan terima gaji buta selalu menuntut kurang dan kurang padahal kerjaan nya tidur…pecat semuaaaa…

  • Antonius Sipayung

    Stuju banget….ayo kumpulin tanda tangan.

  • habibie

    Wah kalau bubar pesta tahunan ga ada lagi dong..pesta bagi2 pulus buat coblos..hahaha….

  • Eeng -junaedi
    • Mar Fiah Ali

      orang ini ngomong apa sih…kok gak jelas gitu…

      • Ayah’e Dhilla

        goblok

    • David

      Ya ampun, hahahaha

    • Fung Chan

      org begitu bisa jadi wakil rakyat??? parah woiiiiiii

    • albar

      anggota DPR dewan perwakilan rumahjompo

    • Eboex’s Hartanto

      HANYA ORANG GILA AJA YG MEMILIH ORG SMACAM TU TUK JD WAKIL RAKYAT, NI YG GILA SP SICH SBNRNYA YG MEMILIH PA YG DIPILIH?

  • angganh

    SETUJU BANGET …BUBARKAN

  • Choirul Ikhsan

    setuju…… jadi DPR sekarang emang suka habisin uang Rakyat
    bukan berbakti kepada negara

  • Tri Wantoro

    MEMALUKAN !

  • Mar Fiah Ali

    Mana pak fadli zon…ini anggotanya pada tidur waktu sidang…kok ngak ada komentarnya….klo giliran presiden langsung banyak komen…

  • Djiex

    Ternyata janji punishment lenyap

  • Irawadi Buyung

    Setuju sekali prof……!!!!!!

  • Irawadi Buyung

    Bubarkan saja secepatnya prof…..!!!!

  • Yoas Husada

    lah ini foto dan beritanya kan bisa sampai ke seluruh dunia… malu dong… jangan diekspos, kasihan ntar wakil2 rakyat pada malu…gimana perasaan orangtua, suami, istri, anak-anak, peliharaan mereka… kt hrs menjaga perasaan mrk lo…

    • Fung Chan

      pala u harus jaga perasaan ,ingat,yg mereka harus jaga itu rakyat kecil,bukan cuma kerja nya foya2 dan habiskan uang negara hanya buat tidur saat sidang

  • wnywrn

    hahahaha… orang2 memang gampang menghakimi. tidak semua wakil rakyat buruk, tidak semua baik. ada yang benar2 bekerja, ada juga yang tidak. pengaruh stigma dan media 🙂

    • Fammi Farendra

      memang tidak semua buruk, tapi jika 60% buruk, perlu dibubarkan

    • fariz

      oleh karena itu… hilangkan segala fasilitas mewah DPR… siapa yang mau bekerja tanpa fasilitas itu semua… artinya dia anggota yang bagus… yang protes berarti salah satu wakil rakyat yang buruk. buang semua wakil rakyat yang protes…

  • Fung Chan

    setuju,bantai habiskan, Indonesia tidak butuh wakil rakyat seperti yg diatas gambar itu

  • Winata Barijin

    Minggu kami mengantar siswa-siswi kami berkunjung ke gedung DPR-MPR RI di Jakarta dan diterima dengan baik disana oleh Pak Wedha Karna dan staffnya disana. Setrlah menerima kami pak Wedha Karna harus rapat lagi dengan tamu dari China. Dan kami dijelaskan mengenai lembaga-lembaga negara oleh staff DPR.

    Mereka juga menjawab pertanyaan mengenai banyaknya anggota DPR yang mengantuk saat sidang. Jawabannya, karena pada saat-saat tertentu mereka bisa rapat sampai 5 kali dalam sehari yang sangat menguras tenaga dan pikiran mereka, terkadang rapat bisa sampai jam 2-3 dinihari, dan harus menghadiri rapat umum pada jam 10 paginya. Jadi wajar saja mereka kelelahan dan mengantuk karena mereka pada saat sidang umum hanya sebagai pendengar saja. Saya kira mereka memang berjuang untuk kita semua untuk membuat undang-undang. Dijelaskan juga lembaga-lembaga tinggi negara sudah sejajar saat ini, kedudukan DPR, MPR, Presiden dan lembaga tinggi lainnya sama tingginya.

    • Fammi Farendra

      Bukan masalah mengantuk saja, banyak masalah lain yg mengakibatkan dpr perlu dibubarkan

    • albar

      buat apa banyak rapat toh jga hasilnya msih sperti ini.banyak rapat,bnyak ongkos,bnyak waktu,tenaga n fikiran yg terbuang tpi tindakan nihil.

      • Winata Barijin

        Ya, itulah negara kita INDONESIA. Dari 1 juta orang mungkin akan lahir 1 atau 2 pemimpin saja yang kita harapkan. Semoga itu adalah anak atau saudara kita nantinya.

    • Tomy

      Rapat sehari sampai 5 kali ?
      Tugas DPR adalah mencetuskan Undang-undang. Berani tidak DPR mencetuskan undang-undang tembak mati koruptor ?
      Selama belum bisa membuat rancangan undang-undang tersebut, jangan harap rakyat percaya dengan DPR .

  • bowo

    Membubarkan DPR boleh ganti dulu undang undang dasar Negara RI, karena di dalam batang tubuh undang undang dasar tiga lembaga kekuasaan negara harus ada jadi kalau sudah di hapus UUD Negara RI dengan sendirinya terhapuslah DPR. Kadang biar tenar buat sensasi biar dibaca keren berpendapoat luar biasa lalu dasar hukumnya membubarkan DPR itu apa ?

  • Vadj-cool Alexandre

    Ayo masuk petisi bubarkan DPR di change.org manusia seperti DPR tidak kami butuhkan…uang gaji, tunjangan anggaran dan fasilitas lainnya 500an anggota DPR, dan ribuan anggota DPRD bisa buat makan jutaan rakyat miskin di indonesia tiap bulannya…

  • Wildan Dani

    DPR ..mungkin dibutuhka…tapi faktanya…. koruptor…terbesar saat ini berasal dari …oknum anggota DPR…ditambah dgn kegiatan-kegiatan.yg berdana besar…tanpa hasil..yg jelas…

  • Sediaro Zendrato

    Banyak positifnya bagi negara apabila DPR di bubarkan, antara lain : penghematan Anggaran, memepersingkat Birokrasi, kenyamanan Pemerintah menjalankan roda pembangunan lebih meningkat, persatuan dan rasa nasionalisme bagi rakyat makin meningkat (karena selama ini para caleg menunggangi agama dan suku untuk menang) dan banyak lagi keuntungan apabila DPR dibubarkan. Toh Presiden dipilih langsung oleh rakyat. DPR tidak bisa dipisahkan dari korupsi, karena mereka sudah duluan banyak mengeluarkan duit saat mengkampanyekan dirinya menang pada pemilu. Kesimpulannya: saya setuju apabila DPR dan DPRD dibubarkan.

  • jack

    setuju, perlu di tinjau lagi kuantitas dan kualitas , PENDIDIKAN DAN SPESIFIKASI AHLINYA , agar bisa memberikan kontribusi pikiran yang bagi RAKYATnya , jangan tidur saja ..

  • riyanto

    Ini baru gagasan yang cemerlang untuk indonesia bangkit.saya setuju ga usah ada DPR Atau DPRD cukup DPD.saya yakin masyarakat lebih menyetujui dan orang tidak akan berebut kursi.

  • Yudhy chanjuan

    trobosan yang cemerlang…..tak berguna pun.

  • wasto gempol

    Perlu di uji coba dulu dalam 5 tahun tdk ada DPR indonesia akan lebih maju ,gedung nya di kontakin dana nya buat beli pesawat tempur

  • Suria Syah

    Setuju, Harus di adakan pemungutan suara dulu, mana yang setuju DPR di BUBARKAN

  • Slamet Hariadi

    Anda yg mau berkorban waktu sebentar untuk ikut memikirkan keadaan bangsa ini perlu ditiru, maka mari kita ajak saudara kita yang lain untuk mau peduli dengan kondisi bangsa yang semakin rentan terhadap kakacauan, kerusakan, dan bahkan kehancuran …sampaikan yang benar walau pahit dan sakit rasanya kepada yang lain …biar mereka yang selama ini tidak tahu manahu, akan sadar dan membuka mata lebar lebar ..akankah mereka akan tetap membisu dan tidak mau ambil tindakan setelah mereka tahu fakta yang sebenarnya …berpikirlah dan katakan, dan berbuatlah ..kita yang tahu keburukan tetapi diam saja akan bertanggung jawab nantinya ..walau hanya mengatakan tidak kepada keburukan itu sudah cukup …kasihan DPR kita ..sy yakin dg sistem yg cenderung korup dan semakin menggurita yg menjangkiti wakil wakil kita itu, mereka tidak akan mampu lolos dari cengkeraman keadaan yang sudah bukan rahasia lagi itu…

    • Tomy

      Kasihan apanya bung?
      DPR cuma bisa mengembosi pemerintah. Petinggi kita turun ke rakyat dan para DPR berteriak itu pencitraan?
      Apakah DPR pernah rame-rame turun dan bersahabat dengan rakyat ?
      Pencitraan itu kalau waktu kampanye, kalau sesudah kampanye masih saja turun ke rakyat apakah namanya masih pencitraan ?

      • Slamet Hariadi

        Aha … kasihan itu,karena mereka seperti yang anda katakan itu ..ibarat orang kasihan kepada seorang anak yang kelihatan akan kecebur sumur atau bahkan sudah kecebur, anggota DPR [ oknum ] terjerembab dalam kubangan sistem yang korup, nah itu yang kasihan, sehingga kalo seandainya pembubarannya menjadi solusi yang benar, ya bubar saja , berarti mereka akan terbebas dari kubangan itu, dan mereka akan selamat dari keadaan yang selalu mendholimi rakyat …gimana bung …

  • Zulhaji

    Admin, foto anggota DPR RI dari sulawesi selatan ada g yang kayak gini? Tolong di share dong. Buat bikin Baliho kampanye.

  • adi

    kalau mmeng sangat perlu secepatnya kita hapus DPR yang tukang tidur

  • Erikson Sianturi

    Saya sangat setuju dpr dan dprd di bubarkan…

    Inilah benalu yg seaungguhnya di republik ini…

    Lanjutkan…

  • jamal

    Sangat sangat sangaaaaaaaatttttt setuju DPR di bubarkan saja.
    Masalah nya selalu jual rakyat,apa apa rakyat padahal rakyat kaga pernah ngomong ke DpR.

  • Tedi

    Semangat DPR bubar,,,, tidak Berjuang melawan penjajah…..eeeeeh sudah merdeka enaaak aja…….

  • Clara Diana

    BUBARKAN SAJA…..PEMBOROSAN NEGARA

  • Slamet Priyatmoko

    Pengen rasanya klo liat orang yg di foto mau tk lempar bunga…. sama pot nya

    • 0qqq

      salah kita tembak saja mereka dengan senjata berat biar pada mati smua

  • Yonnie Amelia

    DPR harus dibubarkan, karena makin kesini makin menambah beban keuangan negara yang bersumber dari rakyat. Lebih banyak dampak negatifnya dari pada positifnya, buat apa lagi di pertahankan???

  • Faisal Akbari

    Lah kok baru pada nyadar klu lembaga yg namanya DPR & DPRD itu jadi benalu keuangan negara sih? Halooooo selama ini kemana aja? Simpel aja berfikirnya deh, ada pa enggak org yg rela menghabiskan uang buat kampanye begitu banyak hanya untuk duduk dengan makan gaji doank?

  • Aan Thea

    Bikin Petisi bubarkan DPR

  • Rakyat

    Bubarkan saja, lembaga DPR/D tidak memberikan perubahan pd rakyat yg signifikan. Kunker ke luar kota/negeri sebenarnha buang2 uang rakyat hanya untuk mengantar anggota DPR/D jalan2. Kurangi saja fasilitas2 yg terlalu memanjakan mereka. Wakil rakyat itu harusnya merakyat

  • Efrata Deksi

    Buat Petisi..100% bangsa indonesia pasti tanda tangan.

  • 0qqq

    BABAT SIKAD PERKOSA ANGGOTA DPR. RAJA KORUPTOR DAN PENGHAMBURAN DEVISA NEGARA. AYOOO DEMOO SEMANGATTTTT

  • lagimens

    Teman2 dpr adalah perampok yang mahir.

  • Hasan Al Farouq

    Caranya gimana bubarkan DPR?

  • Hallo…..jadi anggota dpr itu nggak gampang lho….! Trus cara mbubarinya gimana mas boooos….???

    • Ruddy Cahyanto

      Tunggu masa jabatan selesai, trus stop pemilu berikutnya. Selesai. Gampang kan?

  • Obito Uchiha

    DPR ga ada guna nya jga,..kerja males minim prestasi, rakus, serakah jga MUNAFIK,..!!!
    BUBARKAN DPR,…!!!! SAMPAH NEGARA (DPR) WAJIB DIMUSNAHKAN,..!!!!

  • Wisnu Wardana

    Setuju ribuan bahkan jutaan kali….dibubarkan.Tidak perlu rakyat diwakilkan…jaman sdh canggih…pemungutan suara dgn IT atw sosmed yg resmi dan terdaftar…lebih bisa menyuarakan pendapat masyarakat banyak..tidak perlu diwakilkan. Uang rakyat sangat bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat banyak drpd menggaji wakil rakyat yg arogan. Semoga ada pemilu dibubarkan DPR. Jadi jelas….masyarakat masih perlu atw tidak…Katanya negara demokratis….suara mayoritas yang menentukan…bukan yang segelintir….Atau kalau memang masih perlu ada DPR…harus di tes juga setiap calegnya ….fit n properptes…dan bukan mantan preman n koruptor . jd betul2 yg layak n tau etika n santun…Semoga bisa terwujud bubarkan…..

  • kasihanilah pengangguran kerja
  • Avi Cruss

    Gampang ngomongnya, coba buktikan kalo bangsa ini bisa menghentikan !

    Mengubah nasib tidak semudah menggoyang bibir. Selama bangsa ini mudah diadu domba, selama bangsa ini tidak melek politik, selama bangsa ini mudah digiring dengan isu murahan dan selama masih mau dibayar murahan….

    Mereka akan tetap tertawa penuh kemenangan 🙂 Elo gampang dibodohin sih. Demokrasi adalah nama permainannya. Suara adalah poinnya. Suara 1 orang profesor sama saja dengan suara 1 orang bodoh yang seharga 50rb.

  • Avi Cruss

    Mereka punya strategi. Anda ?

  • Herman Yuang Walad

    Mumpung lagi diteriakin sekalian saja dilanjutkan, BUBARKAN!