Buruh Kepung Istana, Kader PDIP Mendukung

Spread the love

BataraNews, Jakarta – Ribuan Buruh bergerak menuju Istana. Aksi ribuan buruh ini dilakukan secara besar-besaran hari ini. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ribka Tjiptaning mengaku, ia mendukung aksi buruh untuk menyuarakan aspirasinya.

“Biasa aaja, itu hak buruh. Ini warning untuk pemerintah, aku enggak masalah, meski aku di partai penguasa tetapi kritik pemerintah boleh saja,” ujar Ribka di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Anggota Komisi IX tersebut itu mencatat, persoalan perburuhan saat ini harus ditindaklanjuti. Terlebih di tengah maraknya PHK massal terhadap tenaga kerja lokal dan akses kemudahan bagi tenaga kerja asing.

“Ini problem yang luar biasa, ketika tenaga kerja di PHK massal, malah tenaga asing diberi kemudahan dan kelulusan. Sama-sama lulusan sarjana, perlakuan berbeda dari gaji sampai fasilitas untuk tenaga kerja asing dan lokal,” papar Ribka.

Ribka lantas mengingatkan, semakin dekatnya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), justru membuat Indonesia semakin dikuasai asing. Hal ini menjadi peringatan bagi pemerintahan Jokowi.

“Nanti kita dikuasi asing. Padahal di Pasal 27 UUD 45 kan jelas negara harus memberikan lapangan kerja,” pungkasnya.