1.600 Restoran Tutup Akibat Corona, Pegawai Kerja Serabutan

18 Jan 2021, 22:58:23 WIB Ekonomi
1.600 Restoran Tutup Akibat Corona, Pegawai Kerja Serabutan

Rombongan mobil kepresidenan menerjang banjir saat mengunjungi Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kejadian berlangsung saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak mengunjungi lokasi terdampak banjir Kalsel.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin membenarkan kabar tersebut. Bey mengonfirmasi air sampai merendam roda mobil yang ditumpangi Jokowi.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat sekitar 1.600 restoran tutup sejak tahun lalu sampai awal tahun ini karena kondisi ekonomi dan keuangan tertekan selama pandemi virus corona. Seluruh restoran yang tutup itu ada di DKI Jakarta saja, belum termasuk daerah lain.

Baca Lainnya :

"Saya kira sampai 1.600 restoran sampai Januari, Februari ini, apalagi ini (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat/PPKM) diperpanjang, itu perkiraan kami," ungkap Wakil Ketua PHRI Bidang Restoran Emil Arifin saat konferensi pers virtual dengan awak media, Senin (18/1).

Emil merinci jumlah itu terdiri dari 1.030 restoran yang tutup permanen, 400 restoran yang tutup sementara, dan sisanya yang masuk perkiraan. Menurutnya, restoran pada akhirnya melakukan penutupan karena kondisi ekonomi masih penuh ketidakpastian.

"Permanen atau tidaknya itu tergantung pada ketidakpastian, kalau masih tidak pasti mungkin lebih baik tutup permanen," ujarnya.

Selain ketidakpastian, pertimbangan penutupan juga berasal dari perhitungan mampu atau tidak restoran membayar uang sewa kepada mal atau ruko. Bahkan, sekalipun mendapat diskon harga sewa, terkadang ada saja restoran yang tetap tidak bisa melunasi, sehingga lebih memilih untuk tutup.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif :
    Sembuh :
    Meninggal :
    Dirawat :

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf