Penasehat Medis Pemerintah Sebut China Dihantui Gelombang Kedua Virus Corona

19 Mei 2020, 04:30:51 WIB Internasional
 Penasehat Medis Pemerintah Sebut China Dihantui Gelombang Kedua Virus Corona

Namun, Zhong menyarankan pemerintahan Presiden Xi Jinping jangan terlena dan cepat berpuas diri.

Ia mengatakan kluster penularan virus corona baru di China mulai bermunculan di seluruh China dalam beberapa pekan terakhir seperti di Kota Wuhan, Kota Jilin, dan Provinsi Heilongjiang.

"Mayoritas masyarakat China saat ini masih rentan terhadap penularan Covid-19 karena kurangnya sistem kekebalan. Kita tengah menghadapi tantangan besar yang menurut saya tidak lebih baik dari negara-negara lainnya saat ini," tutur Zhong dalam wawancara ekslusifnya dengan CNN pada Sabtu pekan lalu.

Kota Jilin disebut sebagai sarang baru penularan corona. Pemerintah China bahkan langsung mengisolasi Jilin setelah muncul laporan kasus Covid-19 baru di kota itu.

Warga Jilin hanya boleh diizinkan meninggalkan kota jika hasil tes virus corona dinyatakan negatif dalam tempo 48 jam terakhir. Jilin merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jilin.

Lockdown diberlakukan lantaran China khawatir kemunculan kasus baru ini memicu gelombang kedua infeksi corona.

Zhong menuturkan tren penurunan kasus corona tak berarti bahwa ancaman virus telah berangsur menghilang.

Ia juga menuturkan tak bisa serta merta mengandalkan vaksin corona yang sampai saat ini masih berusaha dikembangkan banyak pihak. 

Zhong menuturkan tiga kandidat vaksin virus corona buatan China memang tengah memasuki tahapan uji klinis. Namun, ia menganggap vaksin dan pengobatan corona "yang sempurna" kemungkinan membutuhkan waktu beberapa tahun lagi.

"Kami harus menguji lagi, lagi, dan lagi dengan menggunakan berbagai jenis vaksin. Masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apa pun terkait jenis vaksin mana yang cocok untuk masing-masing jenis virus corona. Itu sebabnya saya memperkirakan bahwa finalisasi vaksin akan memakan waktu lebih lama," kata Zhong.

[Sumber Berita]

<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook