JK: Lebih Mudah Atur Protokol Kesehatan di Masjid daripada Pasar-Mal

04 Jun 2020, 07:54:26 WIB Dunia Islam
 JK: Lebih Mudah Atur Protokol Kesehatan di Masjid daripada Pasar-Mal

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK), bicara soal dibukanya kembali tempat ibadah jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selesai diterapkan. JK menilai penerapan protokol kesehatan di masjid lebih mudah diatur dibandingkan pasar atau mal.

"Saya ingin sampaikan bahwa masjid lebih mudah diatur protokol kesehatannya dibanding tempat umum yang lain, kayak pasar, kayak mal, atau kayak apaan, tempat ibadah jauh lebih mudah. Dan tempat ibadah itu orang beribadah, kalau di masjid ya, paling setengah jam selesai. Jadi lebih mudah, dibanding kalau Anda pergi ke pasar, mal bisa berjam-jam, di kantor bisa lama," kata JK dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Selasa (2/6/2020).

Terkait dibukanya kembali tempat ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan, DMI telah mengeluarkan edaran bernomor 104/PP-DMI/A/V/2020 tentang Edaran ke-III dan Jamaah dalam The New Normal. JK menekankan pentingnya menjaga kebersihan masjid dan penerapan protokol kesehatan yang ketat saat melakukan salat berjemaah di masjid.

Baca Lainnya :

"Semua penting tentu, bahwa diatur protokol kesehatannya, masjid selalu dibersihkan, jangan pakai karpet, yang pakai AC agar buka AC-nya, itu juga penting, AC jangan dihidupkan di masjid, jadi harus terbuka supaya udara itu terbuka," ujar JK.

"Apabila nanti sudah dibuka katakanlah PSBB di suatu daerah, juga daerah-daerah yang sudah dinyatakan bersih, itu masjid silakan kita buka dengan syarat protokol kesehatan yang ketat, ya seperti tadi itu ada tempat cuci tangan, pakai masker semua, bawa sajadah, kemudian jaga saf dengan baik, paling sedikit 1 meterlah," imbuhnya.

JK meminta semua jemaah mematuhi aturan protokol kesehatan tersebut. Menurutnya, aturan itu dibuat untuk melindungi keselamatan para jemaah di masjid.

"Ya tentu ini masjid lebih mudah karena ini juga agama itu harus mendahulukan keselamatan jemaah dan keselamatan orang. Ini kita bikin aturan demi keselamatan jemaah dan keselamatan keseluruhan," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 52.812 kasus, Meninggal: 2.720, Sembuh : 21.909

    🕔28 Jun 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG