Demo Tewasnya George Floyd Meluas Hingga ke 30 Kota Amerika Serikat

31 Mei 2020, 21:24:07 WIB Internasional
 Demo Tewasnya George Floyd Meluas Hingga ke 30 Kota  Amerika Serikat

Pentagon mengumumkan peningkatan status siaga beberapa unit militer Amerika Serikat (AS) untuk meredam kerusuhan yang dipicu oleh pembunuhan pria kulit hitam tak bersenjata George Floyd (46) oleh polisi setempat.

Floyd awalnya ditangkap oleh beberapa petugas polisi Minneapolis atas tuduhan menggunakan uang kertas palsu. Dia diborgol dan lehernya dicekik salah satu polisi dengan lututnya. Dalam video yang viral, pria kulit hitam tersebut berteriak tak bisa bernapas dan dinyatakan meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

Pembunuhan itu tak hanya memicu demo di Kota Kembar Minnesota, tapi seluruh negeri Amerika juga dilanda demo untuk menuntut keadilan atas kematian Floyd. Bahkan, Gedung Putih yang jadi kantor dan kediaman AS Presiden Donald Trump juga jadi sasaran para demonstran di Washington.

Baca Lainnya :

CNN melaporkan, para demonstran mengatakan mereka ingin melihat dakwaan untuk keempat petugas polisi yang terlibat dalam kematian Floyd.

Seorang mantan perwira, yang terlihat dalam video dengan lutut di leher Floyd, didakwa melakukan pembunuhan tingkat tiga dan pembantaian. Tetapi pengunjuk rasa dan kritikus percaya dakwaan itu tidak cukup keras.

Aksi demo yang makin keras membuat Gubernur California Gavin Newsom menyatakan keadaan darurat di Los Angeles County.

Gubernur California juga memberikan otorisasi bantuan ke Los Angeles, setelah menerima permintaan dari kota dan kabupaten untuk mengerahkan pasukan Garda Nasional untuk membantu membubarkan protes.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 522.581
    Sembuh : 437.456
    Meninggal : 16.521
    Dirawat : 68.604

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia