Yusril Sentil Tito, Presiden & Mendagri Tak Bisa Copot Gubernur Bupati Soal Protkes, Ini 6 Dasarnya

20 Nov 2020, 09:32:28 WIB Politik
Yusril Sentil Tito, Presiden & Mendagri Tak Bisa Copot Gubernur Bupati Soal Protkes, Ini 6 Dasarnya

Terkait dengan instruksi dari mendagri Tito Karnavian terkait dengan penerapan protokol kesehatan yang dilanggar di suatu daerah, maka si kepala daerah misalnya Gubernur Bupati bisa dicopot dari jabatannya akibat pelanggaran.

Dalam imbauan dan instruksi Mendagri Tito Karnavian menyatakan, jika terjadi pelanggaran maka Kepala Daerah Gubernur Bupati bisa saja dicopot.

Imbauan ini mendapatkan reaksi keras dari Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra ingatkan Tito Karnavian dalam hal ini, presiden dan mendagri tak bisa mencopot Kepala daerah.

Baca Lainnya :

Menurut Yusri Ihza Mahendra, presiden dan mendagri hanya bisa memberhentikan Kepala daerah Gubernur Bupati hanya sementara saja.

Maka itu Yusril Ihza Mahendra mengingatkan Tito Karnavian bahwa, yang bisa hanya DPR dan masalah berat yang dialami oleh kepala daerah, sementara kalau masalah Protkes atau protokol kesehatan tak bisa menjadi alasan presiden atau mendagri mencopot Kepala Daerah.

Berikut ini setidaknya 6 alasan yang disampaikan oleh Yusril Ihza Mahendra soal pernyataan Tito Karnavian:

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menyatakan Instruksi Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) No 6 Tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 tak bisa dijadikan dasar pencopotan kepala daerah.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 534.266
    Sembuh : 445.793
    Meninggal : 16.815
    Dirawat : 71.658

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia