Yasonna Diminta Ganti Rugi Korban Kriminal Napi Asimilasi Corona

22 Apr 2020, 09:41:01 WIB Hukum
Yasonna Diminta Ganti Rugi Korban Kriminal Napi Asimilasi Corona

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago meminta agar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengganti kerugian masyarakat akibat narapidana kembali berulah kriminal setelah dibebaskan bersyarat atau mendapatkan asimilasi.

Program 30 ribu narapidana mendapatkan asimilasi merupakan kebijakan Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) berkaitan dengan menekan penyebaran virus corona di lapas dan rutan. Pangi mengajak masyarakat yang menjadi korban narapidana itu membentuk serikat atau persatuan untuk meminta ganti rugi.

"Sebenarnya Yasonna harus tanggung jawab mengganti motor-motor yang dibegal itu. Kasihan mereka yang motornya dibegal. Dengan catatan dia adalah tahanan asimilasi, yang dilepas kemarin karena kasus corona. Itu harusnya mereka membuat serikat atau persatuan untuk meminta ganti rugi kepada Yasonna," katanya kepada Tagar, Senin, 20 April 2020.

Baca Lainnya :

Dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat dianggap semakin tidak berdaya setelah ribuan narapidana tersebut ada yang kembali berbuat ulah. Menurut dia, apabila program lembaga negara yang dipimpin Yasonna itu tidak dilakukan maka situasi ini tidak terjadi.

"Inikan kasihan masyarakat yang susah malah motornya dibegal. Ekonomi makin susah, mereka masuk rumah sakit, pergi pakai BPJS sementara BPJS enggak nanggung. Kalau enggak dilepaskan enggak bakalan kejadian," ujarnya.

Pangi mengatakan menegaskan kembali Yasonna harus bertanggung jawab terhadap kebijakan yang ditekennya sehingga narapidana mendapatkan asimilasi. Karena ulahnya juga, kata Pangi, kenyamanan dan keamanan di tengah pendemi Covid-19 dipertanyakan masyarakat. "Kan yang lepas itu kebijakan Yasonna dengan beberapa pemangku kepentingan," kata dia.

Pangi mengaku sudah curiga sejak awal dikeluarkan kebijakan melepas narapidana asimilasi dengan alasan memutus penyebaran Covid-19 di lapas dan rutan. Dia mengaku, ada kasus narapidana diminta uang sebanyak Rp 5 juta agar masuk dalam daftar program tersebut.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 522.581
    Sembuh : 437.456
    Meninggal : 16.521
    Dirawat : 68.604

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia