Selain Pandemi, Wapres Ungkap Tiga Tantangan Umat Islam

23 Okt 2020, 13:52:13 WIB Dunia Islam
Selain Pandemi, Wapres Ungkap Tiga Tantangan Umat Islam

"Pengalaman yang sama juga terjadi di Eropa, pada tahun 2017, rata-rata 1 dari 3 muslim yang disurvei mengalami diskriminasi dan prasangka buruk," katanya.

Sedangkan, tantangan ketiga lainnya adalah kondisi sosial dan ekonomi umat Islam yang masih sangat memprihatinkan. Ia mengatakan, data tahun 2018 menunjukan hanya 31 negara dari 57 anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang memiliki tingkat literasi di atas 90 persen.

Sementara, 350 juta orang di negara-negara OKI  hidup di bawah 1,25 dolar per hari dengan tingkat rata-rata pengangguran di negara OKI 6 persen di tahun 2018, atau di atas rata-rata pengangguran dunia yang 5,1 persen.

"Data-data di atas saya angkat untuk menunjukkan betapa masih besarnya PR atau pekerjaan rumah kita semua untuk memajukan umat Islam," ungkapnya.

Atas dasar itu, Ma'ruf menilai Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, mempunyai tanggung jawab menjelaskan ajaran Islam sesungguhnya,  yakni rahmatan lill aalamin, yaitu Islam yang wasatiyah dan tentu Islam ahlusunnah wal jama’ah.

Ia mengatakan, peran pesantren dan para santri juga dapat menjadi bagian untuk menjelaskan hal tersebut.

"Pesantren menjadi tempat belajar sekaligus tempat pembinaan karakter dapat menyampaikan lebih banyak narasi tentang toleransi atau kerukunan, sikap cinta kepada sesama, termasuk nasionalisme, patriotisme dan bela negara," katanya.[SB]

<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 951.651
    Sembuh : 772.790
    Meninggal : 27.203
    Dirawat : 151.658

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook