Selain Pandemi, Wapres Ungkap Tiga Tantangan Umat Islam

23 Okt 2020, 13:52:13 WIB Dunia Islam
Selain Pandemi, Wapres Ungkap Tiga Tantangan Umat Islam

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, ada tiga tantangan besar yang dihadapi umat Islam selain adanya pandemi Covid-19. Pertama, kata Ma'ruf, umat Islam saat ini menghadapi persepsi Islam dianggap sebagai agama konflik dan kekerasan.

Ia menjelaskan, persepsi itu muncul dan berkembang karena berbagai konflik banyak terjadi di negara muslim, khususnya di Timur Tengah.

"Sekitar 60 persen konflik di dunia melibatkan negara-negara Islam," kata Ma'ruf saat hadir pembukaan Seminar Internasional Santri Millenial 2020, Kamis (22/10).

Baca Lainnya :

Tak hanya itu, Islam bahkan dipersepsikan sangat buruk di masyarakat Barat. Ma'ruf menyebut, hasil survei Pew Research tahun 2017 lebih dari 41 persen warga Amerika Serikat melihat Islam mendorong terorisme dan kekerasan dan hampir 50 persen sebagian warga muslim adalah anti Amerika. Begitu juga di Eropa, dari hasil survei di 10 Negara Eropa tercatat lebih dari 50 persen warga Eropa memandang Islam secara negatif.

Ma'ruf juga menyesalkan pendidikan Islam atau madrasah dianggap sebagai tempat pembibitan ideologi ekstrem. Menurutnya, generalisasi negatif terhadap madrasah diperoleh hanya karena orang Barat melihat beberapa pelaku teroris merupakan alumni madrasah.

"Cara pandang yang selalu menggeneralisasi dan negatif ini harus kita lawan. Namun disaat yang sama umat juga perlu introspeksi," katanya.

Sementara, tantangan kedua umat Islam yaitu meningkatnya tren Islamophobia di berbagai belahan dunia. Ia mencontohkan, serangan atau pelecehan terhadap muslim di AS meningkat dari tahun ke tahun yakni terhitung 2016 meningkat 36 persen jika dibandingkan tahun 2001.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 527.999
    Sembuh : 441.983
    Meninggal : 16.646
    Dirawat : 69.370

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia