Raffi Ahmad Pesta Usai Divaksin, Pakar Bicara Kemungkinan Infeksi COVID

15 Jan 2021, 05:26:05 WIB Metropolitan
Raffi Ahmad Pesta Usai Divaksin, Pakar Bicara Kemungkinan Infeksi COVID

Pakar epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono, menaggapi Raffi Ahmad yang berpesta usai menjalani vaksinasi COVID-19. Pandu menyebut siapapun yang sudah divaksin masih belum aman dari Corona.

"Tidak aman (usai divaksin), vaksin itu tidak mencegah infeksi, ya kan, hanya mencegah supaya tidak sakit, tidak sakit berat, tidak masuk rumah sakit," kata Pandu saat dihubungi detikcom, Kamis (14/1/2021) malam.

Pandu memastikan pihak yang telah menerima vaksin pertama masih belum memiliki antibodi dan masih mungkin terinfeksi virus Corona. Terlebih, kata dia, pihak yang tidak menaati protokol kesehatan.

Baca Lainnya :

"Bisa saja orang terinfeksi gitu kan bahkan karena tidak menggunakan protokol 3M apalagi yang baru divaksinasi, itu belum ada antibodinya untuk mencegah jadi sakit. Dia harus terus pakai masker, sampai suntikan kedua masih harus pakai masker juga, menjaga jarak dan protokol," ucapnya.

Pandu menyebut seseorang akan menjadi lebih tahan terhadap paparan COVID-19 usai menerima vaksin kedua. Dia mengatakan orang yang sudah divaksin kedua kali akan jauh lebih kecil kemungkinannya terinfeksi virus Corona.

"Nanti baru optimal agar antibodinya untuk orang tersebut tidak harus, kalau terinfeksi, tidak harus menjadi berat atau masih rumah sakit, atau meninggal, resikonya untuk kena COVID lebih rendah aja," ujarnya.

Pandu menyebut ketahanan seseorang usai divaksin baru akan muncul 3 minggu setelah suntikan kedua. Menurutnya, Raffi Ahmad tidak mengerti hal itu lantaran tidak mendapatkan arahan usai divaksin.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.347.026
    Sembuh : 1.160.863
    Meninggal : 36.518
    Dirawat : 149.645

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook