Praperadilan Ditolak, Kubu Rizieq Ingin Gugat Pasal KUHAP

13 Jan 2021, 05:52:57 WIB Hukum
Praperadilan Ditolak, Kubu Rizieq Ingin Gugat Pasal KUHAP

Pengacara Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menuturkan bahwa pihaknya berencana mengajukan gugatan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap pasal 78 Ayat (2) Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang menyatakan bahwa sidang praperadilan diputuskan oleh hakim tunggal.

Hal itu, kata dia, merupakan tindak lanjut usai permohonan praperadilan yang diajukan pihaknya ditolak oleh hakim tunggal, Akhmad Sahyuti di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (12/1).

"Nanti rencana saya mau mengajukan Judicial Review tentang mengadili praperadilan yaitu hakim tunggal. Hakim tunggal ini kan semau-maunya dia saja, itu," kata Alamsyah kepada wartawan usai sidang putusan.

Baca Lainnya :

Dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dijelaskan bahwa sidang praperadilan dipimpin oleh hakim tunggal yang ditunjuk oleh ketua pengadilan negeri dan dibantu oleh seorang panitera. Tertuang dalam Pasal 78 Ayat (2).

Sahyuti menganggap pandangan dan putusan yang dihasilkan oleh hakim tunggal bersifat pribadi. Tidak ada pertimbangan dari hakim yang lain. Oleh karena itu, dia ingin mengajukan judicial review ke MK.

Alamsyah mengatakan bahwa dalam sidang peradilan pidana, putusan dari Majelis Hakim dapat diuji melalui banding, hingga ke tingkat Mahkamah Agung. Hal itu berbeda dari putusan hakim tunggal yang tidak dapat diuji melalui proses hukum lanjutan.

Meski demikian, dia belum bisa memastikan kapan gugatan akan diajukan ke MK. "JR mungkin tunggu kalau tidak minggu depan, karena kami mendampingi para tersangka banyak sekali di Polda," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 927.380
    Sembuh : 753.948
    Meninggal : 26.590
    Dirawat : 146.842

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook