Pemprov DKI Siapkan Dana Rp5 Triliun untuk Antisipasi Banjir

20 Jan 2021, 10:48:32 WIB Ekonomi
Pemprov DKI Siapkan Dana Rp5 Triliun untuk Antisipasi Banjir

Beberapa hari terakhir, intensitas hujan yang terjadi di wilayah Jabodetabek semakin meningkat. Sejumlah wilayah karena itu mulai melakukan persiapan untuk menghadapi adanya banjir tak terkecuali DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, Pemprov DKI telah melakukan sejumlah langkah antisipasi musibah banjir. Tak tanggung-tanggung, untuk penanganan banjir tahun ini, Pemprov DKI siapkan dana tak kurang dari Rp5 triliun.

"Jadi sekali lagi intensitas hujan semakin tinggi, tahun demi tahun berapa pun besarnya program yang kami anggarkan tidak kurang dari Rp5 triliun ini 2021-2022 terkait penanganan banjir, tapi semuanya berpulang pada kita semua warga Jakarta," kata Riza, Selasa malam 19 Januari 2021.

Baca Lainnya :

Menurut Riza, sejumlah program telah dijalankan oleh Pemprov DKI untuk mengantisipasi banjir antara lain melakukan pengerukan sungai atau pun waduk yang mulai dangkal akibat lumpur.

"Program-program terus kita lanjutkan seperti pengerukan sungai, waduk situ, embung. Kemudian juga kita membuat drainase vertikal, sumur resapan, pompa pompa air kita perbaiki kita buat folder dan lain sebagainya," kata Riza.

Pemprov juga berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat agar ikut serta menjaga lingkungan. Riza meminta seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau di sembarang tempat yang dapat menghambat aliran air.

"Tidak kalah penting adalah kesadaran seluruh warga Jakarta untuk tidak membuang sampah bukan pada tempatnya. Sejak awal kami juga minta memastikan selokan di sekitar rumahnya bersih dan membuat sumur-sumur resapan," ujarnya lagi. [SB]




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif :
    Sembuh :
    Meninggal :
    Dirawat :

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook