Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Payung Hukum

10 Jul 2020, 20:08:15 WIB Hukum
Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Payung Hukum

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Jamal Wiwoho mengatakan pascareformasi geliat mengenai pendidikan dan pemahaman nilai dalam Pancasila meredup.

Menurutnya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan penguatan terhadap badan itu adalah sebuah jawaban atas mendangkalnya pemahaman nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

"Maka wadah yang disitu dinamakan BPIP adalah tempat kiranya untuk memberikan pemahaman-pemahaman terhadap masyarakat tentang perlunya implementasi pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Jamal, kepada Tribunnews.com, Jumat (10/7/2020).

Baca Lainnya :

Jamal menilai pembinaan ideologi Pancasila sebaiknya diatur dalam payung hukum berbentuk Undang-Undang.

Namun dia berharap itu nantinya tidak hanya mengatur soal penafsiran nilai-nilai terutama Pancasila di dalam norma Undang-Undang.

Karena menurutnya Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang tidak bisa dilekatkan ke dalam Undang-Undang saja, tapi juga dalam konteks ini Pancasila bisa dilekatkan di dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan mengatur hal-hal yang bersifat penguatan kelembagaan BPIP.

"Agar apa? Agar berperan aktif dan lebih berwibawa di dalam konteks bagaimana mengizinkan atau menggulirkan nilai-nilai Pancasila sehingga nilai-nilai itu bisa berlaku secara efektif di dalam Undang-Undang," kata dia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 527.999
    Sembuh : 441.983
    Meninggal : 16.646
    Dirawat : 69.370

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia