Pakar Minta Tempo dan Tirto Audit Keamanan Siber Usai Diretas

27 Agu 2020, 08:59:50 WIB Teknologi
Pakar Minta Tempo dan Tirto Audit Keamanan Siber Usai Diretas

Pakar keamanan siber dari CISSReC, Pratama Persadha meminta kepada Tempo.co dan Tirto.id untuk melakukan audit keamanan siber secara rutin setelah kedua media itu mengalami peretasan.

Pratama menjelaskan audit keamanan siber, salah satunya adalah penetration test bisa mengetahui celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak luar.

"Pada dasarnya, deface website maupun serangan lainnya bisa terjadi pada website yang memiliki celah keamanan,"  kata Pratama dalam keterangan resmi, Selasa (26/8).

Baca Lainnya :

"Misalnya credential login yang lemah, kebanyakan orang menggunakan username dan password sederhana agar mudah diingat. Bahkan, menggunakan satu password untuk beberapa akun. Hal ini yang paling sering terjadi, apalagi jika peretasan menggunakan teknik brute force," tambahnya.

Pratama juga menyarankan agar terus melakukan update rutin pada sistem, baik CMS website, anti virus, firewall dan semua perangkat pendukung.

Menurut Pratama, Tempo.co dan Tirto.id harus melakukan pemindaian malware secara rutin. Kemudian mengelola  pengaturan hak user dengan baik, sehingga jelas siapa super admin dalam website.

Para super admin inilah yang harus diprioritaskan dan diedukasi agar mengamankan akun mereka dengan baik. Salah satu yang paling penting mudah dilakukan adalah dengan membuat username dan kata sandi yang menggunakan seluruh karakter, huruf besar-kecil, hingga simbol.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 522.581
    Sembuh : 437.456
    Meninggal : 16.521
    Dirawat : 68.604

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia