Mengenal RCEP, Zona Perdagangan Bebas Terbesar Dunia Tanpa Libatkan AS

16 Nov 2020, 12:41:52 WIB Ekonomi
Mengenal RCEP, Zona Perdagangan Bebas Terbesar Dunia Tanpa Libatkan AS

Sebanyak 15 negara di Asia-Pasifik telah menyepakati fakta Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Perjanjian perdagangan bebas itu mencakup hampir sepertiga dari ekonomi global saat ini.

Dilansir dari BBC, Senin 16 November 2020, RCEP terdiri dari 10 negara Asia Tenggara, Korea Selatan, China, Jepang, Australia dan Selandia baru. Para pemimpin negara yang tergabung berharap kesepakatan ini akan membantu memacu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Virus Corona saat ini.

Meski demikian ada pandangan yang mengatakan bahwa RCEP adalah bagian dari strategi China untuk memperluas perdagangannya di wilayah tersebut. Dengan kerja sama ini, China pun akan lebih unggul melakukan transaksi dagangnya di kawasan itu dari Amerika Serikat, yang diketahui jadi 'musuh' dagangnya saat ini. 

Baca Lainnya :

Kesepakatan ini diketahui mengecualikan AS karena negara Paman Sam itu telah keluar dari fakta perdagangan Asia-Pasifik pada 2017 lalu. Presiden AS Donald Trump kala itu mengumumkan AS keluar dari TPP tak lama setelah menjabat.

Blok perdagangan bebas baru ini lebih besar daripada Perjanjian AS-Meksiko-Kanada dan Uni Eropa. Anggota RCEP membentuk hampir sepertiga dari populasi dunia dan menyumbang 29 persen dari produk domestik bruto global.

RCEP diharapkan dapat menghapus berbagai tarif impor dalam waktu 20 tahun antar negara-negara yang telah menyepakatinya. Kebijakan itujuga mencakup ketentuan tentang kekayaan intelektual, telekomunikasi, layanan keuangan, e-Commerce, dan layanan profesional.

Dengan fakta tersebut China yang merupakan salah satu negara produsen terbesar didunia mendapatkan keuntungan ketimbang AS khususnya. Karena produk China bakallebih membanjiri di kawasan tersebut.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 534.266
    Sembuh : 445.793
    Meninggal : 16.815
    Dirawat : 71.658

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia