Menakjubkan, Video Wahana China Tiba di Planet Mars

14 Feb 2021, 07:27:37 WIB Teknologi
Menakjubkan, Video Wahana China Tiba di Planet Mars

China untuk pertama kalinya berhasil menyambangi Planet Mars dalam misi ambisiusnya yang dinamai Tianwen-1. Lembaga antariksa Negeri Tirai Bambu itu, China National Space Administration (CNSA), baru saja memajang video wahana Tianwen-1 tiba di Planet Merah.

Kamera yang ada di pesawat antariksa itu merekam prosesnya dengan komplet, termasuk momen-momen krusial yang terjadi. Tampak bagaimana planet Mars muncul di latar belakang, kemudian wahana itu bergetar di orbitnya.

Video berdurasi sekitar 59 detik ini salah satunya dipajang di YouTube oleh CCTV, media pemerintah China. Sudah lebih dari 161 ribu kali tayangan tersebut disaksikan oleh para netizen. Berikut videonya:

Baca Lainnya :

Seperti diberitakan, setelah melalui perjalanan selama sekitar 7 bulan dari Bumi dan menempuh jarak hampir 500 juta kilometer, wahana antariksa Tianwen-1 telah mencapai orbit Mars pada hari Rabu (10/2) pukul 7.52 waktu setempat.

Ini adalah pertama kalinya China berhasil menyambangi Mars, seperti halnya Uni Emirat Arab. Sebelumnya, mereka fokus mengirimkan wahana penelitian ke Bulan. Tugas Tianwen-1 belum selesai karena misi utamanya adalah mendaratkan rover ke permukaan Mars.

Misi China ini mirip dengan Amerika Serikat yang juga akan mendaratkan rover Perseverance tak lama lagi. Sedangkan Uni Emirat Arab melakukan penelitian hanya di orbit Mars.

"Sukses mencapai orbit Mars dengan manuver kompleks, China menjadi negara keenam yang mengirimkan pesawat antariksa di orbit sekitar Mars, mengikuti Uni Soviet, Amerika Serikat, European Space Agency, India dan Uni Emirat Arab," sebut Global Times yang dikutip detikINET.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Video Terkait:


Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif :
    Sembuh :
    Meninggal :
    Dirawat :

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook