Memahami Ayat-Ayat Qauliyah dan Kauniyah

09 Jul 2020, 18:32:15 WIB Dunia Islam
Memahami Ayat-Ayat Qauliyah dan Kauniyah

Pembinaan Mental Detasemen Markas (Bintal Denma) Mabes TNI, Ustadz Jayadi atau akrab disapa Ujay mengatakan, sudah seharusnya umat Islam di masa sekarang melestarikan tradisi dan budaya yang telah diwariskan oleh para ulama terdahulu.

“Para ulama terdahulu berpesan, memberikan pesan agar menjaga dan melestarikan tradisi, budaya ataupun kearifan lokal Nusantara. Salah satu tradisi yang sering kita jumpai, dan juga kita ikuti yaitu tradisi Yasinan,” ujarnya kepada Okezone, Kamis (9/7/2020).

Menurut ustadz Ujay, budaya tersebut mengandung pesan di dalamnya, yakni setiap kali menggelar pengajian atau pembacaan Surah Yasin, maka akan mengingatkan umat agar gemar membaca Alquran.

Baca Lainnya :

Ayat pertama yang diwayuhkan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam adalah perintah membaca. Sedangkan saat itu Nabi sendiri belum mahir membaca dan menulis.

“Tapi kenapa Allah perintahkan membaca, para mufassir menyampaikan bahwa yang dibaca tidak mesti berbentuk tulisan. Situasi kondisi di depan kita sekitar kita itu juga perlu dibaca, sehingga dalam Alquran ada ayat-ayat kauniyah dan qouliyah,” terangnya.

Ayat qauliyah terhimpun dalam satu mushaf Alquran, yakni diawali Surah Al-Fatihah dan diakhiri surah An-Naas. Ketika dibaca maka akan mendapat pahala dan syafaat kelak di hari kiamat. “Alquran akan berikan syafaat kepada pembacanya di hari kiamat,” tuturnya.

Sedangkan salah satu contoh ayat contoh kauniyah, yaitu NKRI, di mana memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini persis yang digambarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu: "Ya ayyuhannasu inna ja'alna,"

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook