Maaruf Amin Ajak Investor Asing Masuk Kawasan Industri Halal: Banyak Insentif

14 Nov 2020, 11:06:45 WIB Ekonomi
Maaruf Amin Ajak Investor Asing Masuk Kawasan Industri Halal: Banyak Insentif

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka dan memimpin rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) secara virtual. Foto: Setwapres

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak investor asing untuk menanamkan modalnya di kawasan industri halal (KIH), yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan oleh Pemerintah. Masuknya investor asing diharapkan dapat meningkatkan output produk halal di dalam negeri.

“Kawasan industri halal, yang tumbuh dan berkembang, diharapkan akan menarik perhatian investor global untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia,” kata Ma’ruf Amin saat membuka webinar 'Konferensi Halal Internasional' yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM) secara virtual, Sabtu (14/11). 

Baca Lainnya :

Wapres menambahkan, kawasan industri halal harus menjadi bagian dalam ekosistem industri nasional dan global, sehingga area khusus halal itu tidak dapat berdiri sendiri. Untuk penguatan industri halal tersebut, lanjut Ma’ruf, diperlukan regulasi dan insentif yang memadai. 

“Dalam rangka memperkuat ekosistem ini diperlukan insentif dan regulasi yang mendukung secara harmonis dan terpadu bagi industri produk halal yang terintegrasi di dalam kawasan ekonomi khusus (KEK),” jelasnya. 

Sebelumnya, Wapres mengatakan pembentukan pusat pelayanan terpadu untuk produk halal akan dibangun di setiap kawasan industri. Hal itu bertujuan agar proses sertifikasi kehalalan terhadap suatu produk industri dapat berjalan cepat. 

Pembentukan layanan one stop service untuk kehalalan produk tersebut didukung dengan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan dalam Rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal. 

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.386.556
    Sembuh : 1.203.381
    Meninggal : 37.547
    Dirawat : 145.628

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook