Mahasiswa Unpad Buat Bungkus Jenazah Covid-19 dari Singkong

17 Okt 2020, 13:01:23 WIB Daerah
Mahasiswa Unpad Buat Bungkus Jenazah Covid-19 dari Singkong

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) menggagas penelitian penggunaan plastik ramah lingkungan atau biodegradable dari bahan pati singkong untuk membungkus jenazah pasien Covid-19.

Tiga mahasiswa Unpad, yaitu Adira Rahmawaty, Muhammad Ilfadry Rifasta, dan Salsa Sagitasa mengungkapkan pati singkong terbukti sebagai bahan plastik yang paling bagus dan mudah terurai. Hal ini diperoleh berdasarkan tinjauan dari sejumlah literatur dari jurnal penelitian yang telah ada.

"Kami melihat bahwa plastik ramah lingkungan yang terbuat dari pati singkong ini lebih cepat terurai dari plastik biasanya," kata Adira saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (14/10).

Baca Lainnya :

Meski demikian, Adira mengakui biodegradable berbahan singkong rentan sobek dan rapuh. Oleh karenanya, pati singkong dicampur dengan sejumlah komposisi kitosan sebagai plasticizer.

"Tim kami memodifikasi beberapa zat tambahan yang ditambahkan ke dalam pembuatan pati singkong ini untuk memperkuat dari segi ketahanan pada air dan tidak mudah robek," ujarnya.

Adira menjelaskan, plastik berbahan pati singkong akan terurai dalam waktu 12 hari untuk ukuran satu milimeter. Jika asumsi penggunaan plastik untuk membungkus jenazah adalah sebesar dua meter persegi, waktu yang diperlukan untuk terurai di tanah hanya enam bulan.

Berdasarkan gagasan Adira bersama tim, pembuatan plastik pati singkong untuk bungkus jenazah Covid-19 hampir sama dengan pembuatan plastik ramah lingkungan pada umumnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 373.109
    Sembuh : 297.509
    Meninggal : 12.857
    Dirawat : 62.743

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV