ISPI: Di Mana Logikanya, Kementerian BUMN Tidak Refocusing Tapi Minta Anggaran Besar?

30 Jun 2020, 13:42:49 WIB Politik
ISPI: Di Mana Logikanya, Kementerian BUMN Tidak Refocusing Tapi Minta Anggaran Besar?

Adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penanganan Covid-19, sedikit banyaknya sangat mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi nasional dan berdampak pada defisitnya APBN Tahun 2020. Baik pada pendapatan negara dari sektor pajak, retribusi dan yang lainnya terpaksa terhenti.

Pada saat yang bersamaan, pemerintah juga melakukan refocusing anggaran, dengan memangkas pos-pos anggaran di Kementerian, yang sudah direncanakan dalam APBN Tahun 2020 sebelumnya, agar dialihkan untuk penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Namun yang harus dicatat adalah kebijakan refocusing anggaran yang dijadikan sebagai acuan untuk penanganan Covid-19 itu tidak diberlakukan pemerintah kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Lainnya :

Begitu tegas Direktur Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) Deni Iskandar kepada wartawan, Selasa (30/6).

Artinya, sambung Deni, semua pos anggaran yang yang sudah ditetapkan pemerintah untuk Kementerian BUMN, tidak ada yang dialihkan. Maka secara otomatis, semua program di Kementerian tersebut, tetap berjalan.

“Meskipun, selama masa pandemik berlangsung, memang ada beberapa perusahaan BUMN yang terkena dampak, namun tidak semua," terangnya.

Berdasarkan kajian ISPI, kata Deni Iskandar, Perpres 72/2020 mencatat bahwa postur APBN Tahun 2020 yang sudah ditetapkan tersebut, ternyata mengalami defisit diangka sebesar Rp 1.039,8 triliun. Bahkan menurut Menkeu Sri Mulyani, pihaknya juga belum bisa memprediksi fluktuasi defisit ini.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 511.836
    Sembuh : 429.807
    Meninggal : 16.225
    Dirawat : 65.804

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia