Islam Anjurkan Jangan Fanatik Terhadap Apapun

03 Jan 2021, 22:56:44 WIB Dunia Islam
Islam Anjurkan Jangan Fanatik Terhadap Apapun

Fanatik merupakan salah satu perilaku yang harus dihindari oleh Muslim. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, fanatik adalah teramat kuat (tentang kepercayaan atau keyakinan terhadap suatu ajaran, seperti politik dan agama.

Pakar Tafsir Alquran asal Indonesia, Prof. M. Quraish Shihab mengatakan fanatik adalah suatu keterikatan terhadap agama. Perilaku fanatik bisa dinilai baik atau buruk, buruk jika sudah berlaku tidak adil kepada orang lain.

“Jadi fanatik itu buruknya bukan pada keterikatan seseorang kepada agama. Kalau keyakinan membuat kita berlaku tidak adil, itu yang buruk. Dalam Alquran dikatakan begini, sampaikanlah wahai Nabi Muhammad kepada non-Muslim : kami (kaum Muslimin) atau kamu wahai non-Muslim, boleh jadi dalam kebenaran, boleh jadi juga dalam kesesatan,” kata Quraish Shihab dalam video bertajuk Fanatisme : Jangan berlebihan terhadap Hal Apapun Termasuk Agama di kanal Youtube Najwa Shihab.

Baca Lainnya :

Allah berfirman dalam urat Saba’ ayat 25 :

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِٱلْحَقِّ وَهُوَ ٱلْفَتَّاحُ ٱلْعَلِيمُ

Qul yajma’u bainanā rabbunā ṡumma yaftaḥu bainanā bil-ḥaqq, wa huwal-fattāḥul-‘alīm. “Katakanlah, “Kamu tidak akan dimintai tanggung jawab atas apa yang kami kerjakan dan kami juga tidak akan dimintai tanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan.”

Menurut Quraish, ayat tersebut menjelaskan setiap orang silahkan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh agama dan pikirannya. Setiap orang harus mengakui itu yang benar dan masuk dalam keyakinan diri tidak dalam keyakinan orang lain. Jadi, tidak bisa diputuskan siapa yang benar atau salah, karena keputusan tesebut ada pada Tuhan di akhirat nanti.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 927.380
    Sembuh : 753.948
    Meninggal : 26.590
    Dirawat : 146.842

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook