Dokumen Internal Ungkap China Sempat Rahasiakan Potensi Pandemi Corona

17 Apr 2020, 14:47:32 WIB Internasional
Dokumen Internal Ungkap China Sempat Rahasiakan Potensi Pandemi Corona

China kabarnya telah mengetahui bahwa virus corona SARS-CoV-2 bisa menular dari manusia ke manusia dan berpotensi menjadi pandemi pada 14 Januari 2020. Namun, Negeri Tirai Bambu itu disebut menunda pengumuman bahaya virus corona ke publik selama 6 hari, menurut dokumen internal yang didapat Associated Press.

Menurut laporan Associated Press, dokumen internal tersebut menunjukkan bahwa kepala Komisi Kesehatan Nasional China, Ma Xiaowei, menyebut bahwa virus corona dapat menjadi masalah yang buruk. Hal itu dia sampaikan dalam sebuah konferensi virtual rahasia dengan pejabat kesehatan provinsi pada 14 Januari. 

Sebuah memo menyatakan bahwa konferensi itu diadakan untuk menyampaikan instruksi terkait virus corona dari Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, dan Wakil Perdana Menteri Sun Chunlan. Namun, memo tersebut tidak merinci apa instruksi yang mereka sampaikan.

Baca Lainnya :

"Situasi epidemi masih parah dan kompleks, tantangan paling berat sejak SARS pada tahun 2003, dan kemungkinan akan berkembang menjadi peristiwa kesehatan masyarakat yang utama," kata Ma, dalam dokumen tersebut.

Dalam sebuah pernyataan melalui faksimile, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan China telah mempublikasikan informasi tentang wabah virus corona secara "terbuka, transparan, bertanggung jawab dan tepat waktu," sesuai dengan "instruksi penting" yang berulang kali dikeluarkan oleh Presiden Xi.

Associated Press menjelaskan, dokumen-dokumen rahasia tersebut didapatkan dari sumber anonim di bidang medis. Namun, sang narasumber tidak ingin disebutkan namanya karena takut dihukum.

Associated Press juga menyebut bahwa mereka telah mengonfirmasi dokumen yang mereka dapat dengan dua sumber lain yang dekat dengan kegiatan konferensi rahasia itu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 522.581
    Sembuh : 437.456
    Meninggal : 16.521
    Dirawat : 68.604

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia