Ditangguhkan di Singapura Menyusul Kasus Korsel, Vaksin Flu Aman?

27 Okt 2020, 08:58:16 WIB Internasional
Ditangguhkan di Singapura Menyusul Kasus Korsel, Vaksin Flu Aman?

Sudah 59 warga Korea Selatan dilaporkan meninggal dunia usai suntik vaksin flu. Laporan meninggal yang terus bertambah memicu kekhawatiran terkait keamanan vaksin meski pemerintah menegaskan tidak ada kaitan dengan keamanan vaksin.

Korea Selatan memastikan kematian warga Korsel usai suntik yang terus bertambah tak ada kaitannya dengan vaksin. Program vaksinasi flu di tengah pandemi semata-mata dilakukan demi mencegah sistem kesehatan yang berisiko terdampak saat menangani kasus flu dan COVID-19.

Sementara itu, Singapura menangguhkan 2 merek vaksin flu sebagai upaya kewaspadaan. Keduanya adalah SKYCellflu Quadrivalent dari AJ Biologics dan VaxigripTetra dari Sanofi.

Baca Lainnya :

Sebenarnya, amankah vaksin flu digunakan?

Eks Direktur Penyakit Menular WHO South-East Asia Region, Prof dr Tjandra Yoga Aditama, menegaskan vaksin flu masih aman digunakan. Ia meyakini tak ada masalah yang berarti yang berisiko disebabkan oleh vaksinasi flu.

"Kalau saya bilang iya (masih aman). Karena dia sudah lama digunakan, sejauh ini tidak ada masalah yang berarti," jelasnya saat dihubungi detikcom, Senin (26/10/2020).

"Makanya yang penting sekarang ini kita menunggu hasil sekian orang yang meninggal di Korea itu. Saya kira mereka tidak akan terlalu lama memberikan hasil analisanya," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 549.508
    Sembuh : 458.880
    Meninggal : 17.199
    Dirawat : 73.429

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia