Busyro Muqoddas Ibaratkan UU ITE Seperti Pelembagaan Buzzer

21 Feb 2021, 07:05:43 WIB Metropolitan
Busyro Muqoddas Ibaratkan UU ITE Seperti Pelembagaan Buzzer

Dosen dan praktisi hukum, Busyro Muqoddas menilai keberadaan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 sebagai perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) saat ini dapat menjadi salah satu alat represi negara.

Ia bahkan mengibaratkan beleid tersebut seperti melegitimasi tindakan buzzer atau para pendengung.

UU ITE yang kerap dipakai sebagai alat untuk melaporkan pihak yang melontarkan kritik pun mengingatkan Busyro pada apa yang terjadi di era Orde Baru kepemimpinan Soeharto. 

Baca Lainnya :

"Dalam konteks orde baru dulu, itu orde baru memiliki jargon resmi kenegaraan yaitu ekstrem kanan dan ekstrem kiri. Kedua-duanya ditujukan kepada kelompok yang kritis terhadap rezim yang otoriter, anti-HAM dan antidemokrasi," cerita Busyro dalam diskusi daring "Mimbar Bebas Represi" yang digelar secara daring via akun Youtube Amnesty International Indonesia, Sabtu (20/2).

"Yang menarik, saat Orde Baru itu diterapkan Undang-undang Subversif, warisan kolonial Belanda," imbuh mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

Menurut Busyro, UU ITE memiliki ciri dan fungsi yang sama dengan Undang-undang Subversif yang menjadi alat represi saat Orde Baru. Keberadaan beleid aturan yang represif itu dapat membungkam daya kritis, demokrasi, hingga mengarahkan pada jerat hukum.

Oleh karena itu Busyro pun menilai ada kesamaan antara situasi Orde Baru dengan yang terjadi sekarang. "Orang menilai--termasuk saya, ini sudah bergerak ke neo-otoritarianisme, saya underline ini," kata dia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.589.359
    Sembuh : 1.438.254
    Meninggal : 43.073
    Dirawat : 108.032

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf