BMKG Jelaskan Gumpalan Awan di Langit Yogyakarta

15 Jan 2021, 18:35:57 WIB Teknologi
BMKG Jelaskan Gumpalan Awan di Langit Yogyakarta

Kepala Subbidang Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto menyatakan fenomena awan menggumpal di Yogyakarta adalah awan Arcus. Awan Arcus merupakan salah satu varian dari awan Cumulonimbus.

"Menurut klasifikasi awan disebut awan Arcus. Termasuk awan rendah dengan ketinggian di bawah 2 kilometer," ujarnya pada Jum'at (15/1).

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, fenomena ini terjadi karena adanya pertemuan masa udara hangat dari laut bertemu dengan masa udara dingin dari darat. Hal tersebut menyebabkan awan menggulung seperti ombak.

Baca Lainnya :

Siswanto menuturkan awan Arcus biasanya menjadi aksesoris dari awan cumulonimbus atau awan badai hujan. Namun, dia berkata tidak semua cumulonimbus disertai pembentukan awan Arcus.

Ia juga mengimbau kepada pihak yang melakukan aktivitas penerbangan untuk berhati-hati, karena kemunculan Arcus yang disertai angin dapat membahayakan aktivitas take off atau landing pesawat.

"bila terjadi sekitar bandara maka tentu ini perlu mendapat perhatian khusus bagi aktivitas penerbangan. Sebab kemunculan awan Arcus dan Cb ini bisa disertai angin yang dapat membahayakan aktivitas takeoff / landing pesawat, " ujarnya.

Namun Ia menjelaskan, fenomena tersebut umumnya sudah dipahami oleh para pilot, karena sudah memahami situasi yang disesuaikan dengan perlintasan Bandara Internasional Yogyakarta.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.314.634
    Sembuh : 1.121.411
    Meninggal : 35.518
    Dirawat : 157.705

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf