Anies Resmikan PLTS Hybrid Terbesar di Jakarta

25 Nov 2020, 19:14:52 WIB Metropolitan
Anies Resmikan PLTS Hybrid Terbesar di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) meluncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu. Ini disebut merupakan PLTS hybrid terbesar di Provinsi DKI Jakarta.

PLTS ini dikonstruksi sejak awal Maret 2020 di lahan seluas 5.000 meter persegi. Dengan menggunakan fotovoltaik atau panel surya, PLTS hybrid PLN di Pulau Sebira itu memiliki kapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (kWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

PLTS Sebira ini dilengkapi baterai berkapasitas 912 kWh yang berfungsi sebagai penyimpan energi, sehingga energi listrik yang dihasilkan juga dapat digunakan pada malam hari.

Baca Lainnya :

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, program antara Pemprov DKI Jakarta dan PLN untuk mengerjakan PLTS Pulau Sebira ini diibaratkan sebuah kado untuk Kepulauan Seribu yang baru saja berulang tahun ke-19.

“Alhamdulillah ini merupakan hari yang membahagiakan, pulau (Sebira) dengan 600 keluarga ini akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan. Ini (PLTS) kado ulang tahun Kepulauan Seribu yang dirayakan dengan peresmian PLTS,” kata Anies saat peresmian PLTS Pulau Sebira secara daring di Balai Kota Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

Kata dia, hadirnya PLTS di Pulau Sebira ini mengirimkan pesan penting bukan hanya bagi warga Jakarta melainkan juga seluruh Indonesia. Karena, jika wilayah kepulauan di Jakarta seluruh fasilitasnya dapat dipenuhi, semangat ini juga dapat diwujudkan untuk memenuhi fasilitas wilayah kepulauan lain di Indonesia.

“Mengapa ini penting dalam konteks Indonesia dan Jakarta. Satu adalah konektivitas (kelistrikan), Jakarta terdiri dari daratan dan kepulauan. Dan warga Jakarta harus memiliki akses yang sama atas fasilitas yang disediakan pemerintah,” katanya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 965.283
    Sembuh : 781.147
    Meninggal : 27.453
    Dirawat : 156.683

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook