Angelia Jolie: Pembantaian Muslim Srebrenica Akibat Hate Speech

14 Jul 2020, 10:21:28 WIB Dunia Islam
Angelia Jolie: Pembantaian Muslim Srebrenica Akibat Hate Speech

Aktris dan aktivis kemanusiaan Angelia Jolie ikut memperingati 25 tahun pembantaian umat Muslim di Srebrenica di Bosnia-Herzegrovina. Tragedi itu berlangsung pada Juli 1995 saat Perang Bosnia berkecamuk.

Angelina Jolie berkata pembantaian Srebrenica tidak terjadi begitu saja. Tragedi itu dinilai sebagai hasil kebencian dan prasangka yang dipupuk sejak lama oleh ujaran kebencian. Retorika demikian masih dipakai oleh pemimpin hingga kini.

"Ini dimulai dengan prasangka dan dsiksiminasi dengan ujaran kebencian yang menggambarkan buruk masyarakat mereka dan memperlakukan mereka seperti bukan manusia," ujar Angelina Jolie dalam video eksklusif di Harper's Bazaar, Senin (13/7/2020).

Baca Lainnya :

"Hal tersebut disebarkan oleh pemimpin-pemimpin yang menggunakan kebohongan untuk membuat ketakutan, untuk menggiring masyarakat agara setuju dengan kekerasan. Kencenderungan ini masih ada di dunia kita dan bahayanya masih sama," ia melanjutkan.

Pasukan yang dipimpin Jenderal Ratko Mladić melakukan pembersihan etnis kepada lebih dari 8.000 umat Muslim di Srebrenica. Saat ini Mladić sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup. 

Angelina Jolie turut berpesan agar perilaku kebencian tersebut dapat selalu dilawan. Aktris pemenang Oscar itu optimistis bahwa generasi muda bisa menantang perilaku diskriminasi dan persekusi.

"Generasimu bisa melawan ini, dan memang sudah dilakukan. Ini memberikan saya harapan," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 516.753
    Sembuh : 433.649
    Meninggal : 16.352
    Dirawat : 66.752

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia