Alasan Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq atas Kasus Swab Test RS Ummi

07 Apr 2021, 18:21:12 WIB Kriminal
Alasan Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq atas Kasus Swab Test RS Ummi

Eksepsi atau nota keberatan Habib Rizieq Shihab atas dakwaan perkara swab test RS UMMI Bogor ditolak oleh majelis hakim pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu 7 April 2021. Hakim kemudian mengungkap alasan penolakan eksepsi Habib Rizieq.

Ketua Majelis Hakim Khadwanto mengatakan, alasan penolakan eksepsi atau nota keberatan tersebut adalah dakwaan atau surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP. 

"Menimbang, bahwa setelah membaca dan mengkaji surat dakwaan atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab, majelis hakim berpendapat bahwa surat dakwaan tersebut sudah memenuhi syarat formil suatu surat dakwaan," kata Khadwanto dalam persidangan di PN Jakarta Timur.

Baca Lainnya :

Dalam aturan, isi pokok berisi bahwa dakwaan JPU telah memuat nama lengkap, tempat lahir, umur atau tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, tempat tinggal, agama, dan juga pekerjaan terdakwa. Selain itu, lanjut Khadwoto, JPU telah menguraikan secara cermat, jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebutkan waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan. 

Alasan lainnya yang buat eksepsi Rizieq ditolak, yakni sejumlah poin dalam nota keberatan dianggap sudah masuk pada pokok perkara atau tidak berkesesuaian. 

"Sebagaimana eksepsi terdakwa, tidak masuk ke dalam lingkup keberatan," tuturnya. 

Hakim kemudian memerintah JPU untuk mempersiapkan saksi, lantaran sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi. 

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.583.182
    Sembuh : 1.431.892
    Meninggal : 42.906
    Dirawat : 108.384

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf