Bisakah Kanker hilang dengan pikiran positif ?

Bisakah Kanker hilang dengan pikiran positif ?

Oleh : Tengku Shahindra

SHARE

BataraNews.com – David Seidier adalah penulis untuk film Raja George  VI yang berjudul  _The Kings Speech_ tahun 2010, dimana dalam film dikisahkan sang raja sedang berjuang melawan penyakitnya. Atas penulisan naskah drama biografi tersebut, Seidier diganjar Oscar atau _Academy Award_. Yang unik dalam film tersebut adalah Seidier juga mengalami  penyakit seperti halnya kisah sang raja. Bedanya adalah Seidier mampu bertahan dan bahkan sembuh total.

Penyakit apa yang dialami Seidier tersebut? Bagaimana dia bisa sembuh? Penyakitnya adalah kanker dan untuk penyembuhan hanya ada satu kata disebutkan oleh Seidier, dan terkesan ajaib , yakni melalui *Visualisasi*..

_Wow_..mungkin kebanyakan orang akan berkata tidak mungkin, mustahil atau mengada-ada. Masa kanker bisa sembuh hanya dengan pikiran visualisasi saja. Namun untuk orang sekaliber Seidier tentu buat apa berbohong, karena dia mengalaminya langsung. Seidier mengatakan bahwa dia hanya membayangkan visualisasi kanker yang dideritanya hilang. Dan ketika akan dioperasi, dokternya pun heran karena tidak ada kanker.

Seidier mengakui bahwa pertamakali didiagnosis menderita kanker pada tahun 2005. Saat itu dia merasa marah, sedih dan juga termenung. Lantas dia menyadari, kondisi tersebut akan menyebutkan sistem autoimun tubuh semakin buruk. Padahal autoimun adalah proteksi alami tubuh untuk melawan kanker secara alami.

Tetap bekerja untuk menulis naskah Kings Speech, Seidier memutuskan untuk menjalani operasi dan minum suplemen daripada kemoterapi untuk pengobatan bladder cancernya. Sampai dokter  memesan apartemen untuk operasi dua minggu kemudian, selanjutnya beliau sempat diskusi dengan anak perempuannya, yang memiliki ide untuk memvisualisasikan kankernya hilang. “_Apa yang terjadi jika dalam dua minggu kankernya hilang begitu saja_?” Tentu saja Seidier saat itu menyebutkan “_Saya katakan ke diri saya_ , itu adalah hal paling bodoh yang pernah saya dengar_ “

Namun Seidier mulai berpikir. Tidak ada salahnya berpikir demikian, toh _nothing too lose_, menurutnya. Maka selama dua minggu sebelum waktu operasi, Seidier mulai melakukan visualisasi.

Seidier selama berjam-jam setiap hari memvisualisasikan kandung kemihnya bersih dan hilang kankernya. Ketika menjelang operasi dan dilakukan pemeriksaan lab, dokternya bingung karena kankernya hilang. Padahal hasil pemeriksanaan sebelumnya dengan dikirim ke empat lab yang berbeda sudah membuktikan bahwa jaringan di kandung kemih sudah terpapar kanker.

Kisah diatas sepertinya memperkuat apa yang disebut sebagai efek rosenthal atau _Pygmalion_ terhadap hasil fisik. Jika efek pygmalion berpengaruh kepada perilaku, maka ini memiliki efek kepada fisik tubuh. Sebenarnya dalam dunia kedokteran sudah ada penjelasan mengenai penyakit psikosomatis, yaitu penyakit karena adanya kejiwaan kepada anggota tubuh seperti darah tinggi, serangan jantung, maag, alergi dan lain-lain sering timbul karena faktor emosi dan kejiwaan seseorang. Hasil riset Japan Tokyo Women Medical University yang diterbitkan oleh  America Journal of Hypertension menunjukkan bahwa serangan jantung sering terjadi pada hari senin, setelah libur weekend.

Apa yang dialami oleh Seidier seperti memperkuat tesis tentang penyembuhan diri sendiri. Dalam suatu buku yang baru saja penulis baca, karangan Louise Hay, _You Can Heal Your Life_, beliau memaparkan bahwa pemikiran dan keyakinan positif itu ibarat menanam benih yang baik. Karena benih ditumbuhkan maka akan memberikan hasil. Setiap pikiran, ucapan maupun keyakinan dari kita akan memberikan masa depan kita. Sehingga sebuah afirmasi atau perkataan positif setiap hari akan memberikan dampak baik kepada masa depan diri kita sendiri.

Riset psikologi di Standford tahun 2014 juga menyebutkan bahwa penggunaan self affirmation,  yang melibatkan penulisan nilai-nilai inti seseorang dapat meningkatkan kinerja seseorang meskipun di bawah tekanan kerja. Artinya pikiran dan harapan positif akan membantu terus level kinerja seseorang.

Seidier, Louis Hay, Rosenthal adalah beberapa orang yang sudah mendapatkan hasil dan dampak positif dari pikiran, afirmasi dan visualisasi positif.

Nah,  kini terbukti bahwa dengan pikiran positif selain bisa menyembuhkan perilaku juga penyakit fisik.

*References*:

CNN. Can You Imagine Cancer Away?. Dikutip pada lamanhttp://edition.cnn.com/2011/HEALTH/03/03/ep.seidler.cancer.mind.body/

CNN. Monday Morning bad for your health. Dikutip pada lamanhttp://edition.cnn.com/2005/BUSINESS/02/03/monday.pressure/index.html

Louse Hay. 2004.You Can Heal Your Life. Hay House Inc. United Kingdom.

Geoffrey L. Cohen and David K. Sherman . 2014.The Psychology of Change: Self-Affirmation and Social Psychological Intervention,.Dikutip pada lamanhttps://ed.stanford.edu/sites/default/files/annurev-psych-psychology_of_change_final_e2.pd

Paket Umroh Murah