Ransomware,WannaCry dan Keterlibatan NSA

Ransomware,WannaCry dan Keterlibatan NSA

SHARE

BataraNews.com – Publik tanah air dua minggu ini dihebohkan oleh berita virus Ransomware, WannaCry. Begitu hebohnya Hal ini sampai menjadi peirhatian pemerintah RI dan membuat edaran berhati-hati terhadap virus ini.

Ransomware dan Cara Penyebarannya

Seperti yang sudah Anda ketahui tentang bagaimana cara penyebaran virus maka penyebaran ransomware juga tidak berbeda, dimana para peretas perlu menanamkan sebuah software ke dalam komputer yang akan diserang yang terjadi biasanya adalah para korban tidak menyadari bahwa mereka sudah mengklik link yang salah dan mendownload software jahat tersebut tanpa sengaja. Setelah itu maka peretas akan memiliki akses penuh terhadap sistem komputer tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar dengan sistem sekuriti yang modern akan dapat dengan mudah mendeteksi ransomware dan kalaupun terlanjur terserang maka biasanya sistem sekuriti yang canggih dapat meminimalisir kerusakan tapi komputer-komputer milik perorangan sepertinya memiliki kesempatan yang lebih kecil baik dalam hal mendeteksi ataupun menghentikan serangan. Sebagai salah satu solusinya yaitu membayar uang tebusan yang diminta oleh pihak peretas dalam bentuk bitcoin atau lebih dikenal dengan online cryptocurrency.

NSA Terlibat Terciptanya virus Ransomware ?

Belum ada laporan pasti tentang siapa yang telah menciptakan WannaCry. Walaupun saat ini ada WanaCrypt0r 2.0 yang merupakan versi kedua dari penciptanya.

Pendahulunya, Ransomware WeCry, ditemukan kembali pada bulan Februari tahun ini dan menuntut 0.1 Bitcoin untuk membuka komputer yang sudah mereka infeksi.

Saat ini, para penyerang dilaporkan menyerang Microsoft Windows menggunakan ‘Eternal Blue‘. Alat ini dicuri dari National Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat dan disalahgunakan oleh sebuah kelompok bernama Shadow Brokers.

Ransomware ini menyebar dengan menggunakan kerentanan dalam cara kerja Server Message Block (SMB) di sistem Windows. Eksploitasi ini dinamakan sebagai EternalBlue yang kabarnya dicuri dari NSA tersebut.

Menariknya, EternalBlue adalah senjata hacking yang dikembangkan oleh NSA untuk mendapatkan akses dan perintah komputer dari komputer berbasis OS Microsoft Windows.

Alat canggih ini dirancang khusus untuk unit intelijen militer Amerika guna mendapatkan akses ke komputer yang digunakan oleh para teroris.

CARA MELINDUNGI KOMPUTER ANDA DARI SERANGAN RANSOMWARE

Cara terbaik untuk melindungi komputer Anda dari serangan ransomware adalah untuk selalu memiliki backup file untuk file-file penting di tempat yang sama sekali berbeda sehingga jika komputer Anda terserang ransomware maka Anda tidak akan kehilangan file penting tersebut. Namun cara tersebut memang tidak praktis dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah komputer Anda terserang ransomware:

  1. Waspada terhadap email phishing atau email yang terlihat asli seperti sebuah email dari atasan yang memerintahkan Anda untuk mengklik sebuah link yang ternyata adalah link download program WannaCry.
  2. Jangan sembarangan mendownload applikasi dan program-program yang tidak jelas asal usulnya.
  3. Jangan suka mengklik link sembarangan di internet jika asa usul link tersebut tidak jelas tidak perduli seberapa menarik judul link tersebut.
  4. Selalu update antivirus komputer Anda karena anti virus terbaru akan mampu mendeteksi file-file mencurigakan atau bisa juga menggunakan antivirus yang bisa melakukan scanning file sebelum file tersebut didownload sehingga dapat mencegah ransomware menyerang komputer Anda (azk)

 

 

 

Paket Umroh Murah