Kenali Bahaya ‘THIRD HAND SMOKE’

Kenali Bahaya ‘THIRD HAND SMOKE’

SHARE

BataraNEws.com – THIRD HAND SMOKE adalah residu asap rokok (nikotin) yg menempel pada kulit, rambut, pakaian, dinding ruangan, perabotan rumah, kain gorden, karpet, interior mobil, bangunan dll. Residu ini berbahaya bagi orang lain, walaupun si perokoknya sudah tidak ada disitu. Hotel tertentu yg NON SMOKING ROOM akan mengenakan denda yg tinggi bagi pengunjung yg merokok disitu, yg merupakan biaya utk menetralisir residu nikotin yg menempel di perabotan dan kamar hotel tsb (Metro TV 2016).

Biaya menetralisir residu nikotin itu adalah misalnya untuk mencuci kain gorden, membersihkan tembok, karpet, sofa, perabotan, dll.

Nampaknya belum banyak orang yang tahu bahaya / resiko THIRD HAND SMOKE, walaupun dari kalangan terpelajar sekalipun. Karena itu saya merasa perlu menyebarkan info berikut ini:

-Ada sepasang suami istri yang terpelajar (termasuk golongan intelektual). Sang suami perokok, tapi dia sama sekali tidak pernah merokok didekat istri dan anaknya. Dia juga tidak pernah merokok didalam rumah, tetapi dia kadang merokok DIDALAM KAMAR MANDI DAN TOILET. Akibatnya, sang istri yg juga memakai kamar mandi/toilet tersebut, menderita radang paru-paru dan batuk berdarah.

-Ada kasus dimana seorang bayi yang pernah dibawa masuk ke sebuah warung yg pengunjungnya kadang merokok didalam warung, kemudian bayi tersebut menderita sakit batuk-batuk yg cukup parah (walaupun ketika bayi tsb dibawa masuk kedalam warung, tidak ada orang yg sedang merokok).

-Beberapa kasus menunjukkan seorang suami yg perokok, si istri menderita berbagai jenis penyakit, karena istri adalah orang yg berpeluang terbesar menerima dampak THIRD HAND SMOKE dari suami yg perokok.

Residu nikotin yg membentuk lapisan pada benda2 disekitar perokok, bereaksi dengan NITROUS ACID di udara membentuk senyawa2 toksik dan karsinogen tertentu, yg diemisikan lagi sebagai gas.

Sumber :

Caryn Rabin, R (January 2, 2009). “A new cigarette hazard – ‘Third Hand Smoke’ “. The New York Times.

Ballantyne C (January 6, 2009). “What is third hand smoke?”. Scientific American.

Paket Umroh Murah