15 Negara Dengan Anggaran Persiapan Perang Dunia III Terbesar

15 Negara Dengan Anggaran Persiapan Perang Dunia III Terbesar

771
0
SHARE

BataraNews.com – Melihat dan memperhatikan dari beberapa peristiwa militer penting sepanjang tahun 2017 ini, rasanya tak berlebihan jika praduga mengenai akan meletusnya Perang Dunia III terlintas di benak sebagian masyarakat global, terutama mereka yang intens mengikuti perkembangan berita internasional.

Keterlibatan sejumlah negara pada konflik bersenjata seperti di Suriah, atau tensi tegang yang rentan mengarah pada perang terbuka antara Korea Utara dengan Amerika Serikat, memancing rasa penasaran jurnalis serta pembaca untuk mengetahui seberapa besar dana anggaran yang disediakan para negara tersebut.

Menurut data terbaru tahun 2016 dari Stockholm International Research Institute (SIPRI) yang berbasis di Swedia, total ekspenditur dunia untuk bidang militer berkisar sebesar US$ 1.686 miliar atau setara dengan Rp 22.385 triliun.

Menurut SIPRI, angka tersebut merupakan peningkatan sebesar 0,4 persen dari data tahun 2015. Peningkatan itu konstan terjadi sejak tahun 2011.

Peningkatan itu dinilai disebabkan oleh peningkatan keterlibatan sejumlah negara pada konflik Suriah serta konflik pengembangan senjata nuklir di Semenanjung Korea, dua peristiwa yang disinyalir sebagai bibit dari Perang Dunia III.

Liputan6.com merangkum 15 negara teratas dengan anggaran militer terbesar di dunia seperti yang diwartakan Indy 100 from The Independent, Rabu, (25/4/2017):

  1. Israel 

Data terbaru menunjukkan bahwa anggaran militer Negeri Bintang David itu sebesar US$ 18 miliar atau setara dengan Rp 238,9 triliun. Konstan mengalami kenaikan sekitar 10 persen sejak 2007.

  1. Uni Emirat Arab

Meski tak ada statistik berupa angka konkrit, data terbaru pada tahun 2014 menunjukkan bahwa Negeri Para Sheikh itu memiliki anggaran belanja militer terbesar se-Timur-Tengah.

  1. Brazil

Meski mengalami resesi dan mengalami pemotongan sekitar 7 persen, namun Negeri Samba tetap masuk dalam daftar 15 negara top penghambur dana militer terbesar di dunia versi Statista-The Independent.

Data terbaru memperkirakan, Negeri Samba punya kocek militer sebesar US$ 23,7 miliar atau setara dengan Rp 305 triliun.

  1. Australia

Bujet militer Negeri Kanguru capai angka US$ 24,6 miliar atau setara dengan Rp 318,6 triliun. Konstan mengalami kenaikan sekitar 5,1 persen sejak 2015.

  1. Italia

Konstan mengalami kenaikan sekitar 11 persen, data terbaru menunjukkan uang belanja militer Italia kini sebesar US$ 27,9 miliar atau setara dengan Rp 370 triliun.

  1. Korea Selatan

Melonjaknya tensi militer di Semenanjung Korea memicu Negeri Ginseng meningkatkan kocek belanja militer hingga mencapai angka US$ 36, 8 miliar atau setara dengan Rp 488,5 triliun

  1. Jerman

Kanselir Angela Merkel berkontribusi besar pada peningkatan anggaran militer sekitar 2,9 persen pertahunnya. Dan pada tahun 2016, uang belanja Jerman capai angka US$ 41,1 miliar atau setara dengan Rp 544 miliar.

  1. Jepang

Melonjaknya tensi militer di Perairan Korea memicu Nippon untuk mempertahankan anggaran belanjanya yang kerap tinggi, yakni sebesar US$ 46 miliar atau setara dengan Rp 610,7 triliun.

  1. Inggris

Karena pelemahan nilai mata uang Poundsterling akibat Brexit sepanjang tahun 2015-2016 , peringkat Inggris kini turun ke posisi 7 dari posisi 6. Britania Raya memiliki uang belanja militer sebesar US$ 48,3 miliar atau setara dengan Rp 637 triliun.

  1. Prancis

Menggeser posisi Inggris, anggaran belanja militer Prancis capai nominal US$ 55,7 miliar atau setara dengan Rp 739 triliun

  1. India

Anggaran belanja India capai nominal US$ 55,9 miliar atau setara dengan Rp 742 triliun. Tingginya angka belanja ini disebabkan oleh konflik Kashmir.

  1. Arab Saudi 

Jatuhnya harga minyak dunia berpengaruh pada menurunya sejumlah pos anggaran Arab Saudi. Namun, meski Statista-The Independent tidak memiliki angka konkrit, negeri pimpinan Raja Salman itu tetap bertengger di peringkat 4.

  1. Rusia

Kremlin mengalami kenaikan besar, yakni sekitar 87 persen sejak tahun 2007 dan kini bertengger di posisi ketiga dengan kocek sebesar US 69,2 miliar atau setara dengan Rp 918,8 triliun.

  1. China

Meski mengalami kenaikan yang lambat, namun uang belanja militer Negeri Tirai Bambu sangat besar hingga berjarak ratusan miliar dollar AS dari Rusia. Saat ini, negera pimpinan Presiden Xi Jinping itu memiliki kocek sebesar US$ 215 miliar atau setara dengan Rp 2.854 triliun.

  1. Amerika Serikat

Tidak mengejutkan mengetahui Negeri Paman Sam bertengger di pucuk peringkat. Negara yang memproklamirkan dirinya sebagai ‘The World Police’ itu memiliki anggaran tiga kali lipat dari China, yakni sebesar US$ 611 miliar atau setara dengan Rp 8.112 triliun. Namun, nominal itu mengalami penurunan sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan angka tertingginya pada 2010.