Yayasan Dompet Dhuafa Meresmikan RS. Dhuafa Di Lampung Timur

Yayasan Dompet Dhuafa Meresmikan RS. Dhuafa Di Lampung Timur

SHARE

BataraNews.com – Untuk membantu kaum Dhuafa dalam bidang kesehatan di negeri tercinta ini sungguh masih banyak Rumah sakit yang harus dibangun .

Alhamdulillah pada tanggal 21 Januari kemarin DOMPET DHUAFA baru saja meresmikan RST yang ke 2 di Lampung Timur . Perjalanan masih jauh untuk mewujudkan kaum Dhuafa dapat menikmati pelayanan kesehatan yang sepatutnya secara merata.

Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Parni Hadi meresmikan Rumah Sakit AKA Medika Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur. Rumah sakit AKA Medika Sribhawono ini merupakan rumah sakit berbasis wakaf yg pengelolaannya dilakukan langsung oleh Dompet Dhuafa.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah di Sumatera yang memiliki potensi dalam mengembangkan program Dompet Dhuafa.

Itu sebabnya menurut Imam dompet dhuafa hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Lampung Timur.

Dijelaskannya peresmian rumah sakit AKA Medika juga sebagai upaya yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam meratakan pendistribusian dana zakat yang terhimpun.

“Melihat potensi dan kondisi masyarakat lampung timur, maka kami hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” jelas Imam Rulyawan.

Masih Menurut Imam, Kabupaten Lampung Timur dipilih sebagai lokasi dibangunnya rumah sakit kedua dompet dhuafa karena kondisi demografi lampung timur yang memiliki sekitar 1, 7 juta jiwa.

Namun Imam Rulyawan menambahkan, jumlah masyarakat tersebut tidak sebanding dengan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit, karena baru mampu menyediakan sekitar 70 tempat tidur.

“Jika melihat rasio normal antara tempat tidur dan jumlah penduduk, yaitu 1 banding 1000, itu artinya masih dibutuhkan 1.700 tempat tidur. Jika 1 rumah sakit diperkirakan memiliki 100 tempat tidur, maka masih dibutuhkan 17 rumah sakit untuk melayani kebutuhan masyarakat di Kabupaten Lampung Timur,” tegas Imam Rulyawan.

Ditambahkan Imam, untuk operasional di rumah sakit layaknya RS RST Dompet Dhuafa di Parung, Bogor, RS AKA Medika Sribhawono memanfaatkan dana zakat, infak dan sodaqoh.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi mengatakan, peresmian rumah sakit AKA Medika Sribhawono merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada sesama.

Menurutnya, saat ini  Yayasan Dompet Dhuafa menginginkan rumah sakit yang diresmikan harus menjadi pendorong dan penarik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan Rumah Sakit AKA Medika menjadi wahana dalam pemberdayaan terhadap masyarakat, khususnya di Kabupaten Lampung Timur.

“Di rumah sakit ini nantinya akan dilakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Di antaranya diajarkan cara bertani, berkebun, dan beternak,” jelas Parni Hadi.

Sebab, selain harus sehat secara fisik, masyarakat Kabupaten Lampung Timur juga harus mampu mensejahterakan dirinya sendiri.

Selain dihadiri Dirut dompet dhuafa, Imam Rulyawan, peresmian juga dihadiri, Ketua  Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi, mantan Komisioner KPK Bambang Widjayanto, serta sejumlah donatur Yayasan Dompet Dhuafa.(rri)

Paket Umroh Murah