Ahok Tak Mau ‘Mulut Comberannya’ Keluar Saat Debat

Ahok Tak Mau ‘Mulut Comberannya’ Keluar Saat Debat

574
0
SHARE

BataraNews.comCalon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama berharap sifat ‘mulut comberan’ yang terkenal dimilikinya tak keluar saat mengikuti debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI.

Debat resmi calon kepala daerah Jakarta akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI pertama kali Jumat pekan depan, 13 Januari 2017, di Hotel Borobudur.

Sejumlah kalangan kerap menjuluki Ahok, sapaan akrab Basuki, sebagai pemilik mulut comberan. Hal itu dikarenakan kebiasaan Ahok yang tak segan berkata kasar dalam beberapa pernyataannya.

Sejumlah kalangan itu antara lain imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Sekretaris Jenderal FPI DKI Novel Bamukmin, hingga politisi Partai Golongan Karya (Golkar) sekaligus mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ade Komarudin.

Menurut Ahok, jika sifat mulut comberan itu keluar, persepsi warga Jakarta, bahkan Indonesia terhadapnya, akan menjadi negatif. Sebab, debat itu disiarkan langsung beberapa stasiun televisi. Persepsi yang negatif akan mengancam tingkat elektabilitas atau potensi keterpilihannya bersama calon wakilnya, Djarot Saiful Hidayat, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

“Saya enggak mau keluar mulut comberan seperti yang mereka bilang,” ujar Ahok, berbicara kepada para pendukungnya di Rumah Lembang, markas pemenangan Ahok – Djarot di Pilkada DKI 2017 di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Januari 2016.

Ahok meminta para pendukung untuk membantunya dengan doa dalam menghadapi debat pertama itu. Ahok mengaku tidak memiliki persiapan khusus karena semua materi program Pemerintah Provinsi DKI dan rencana program Ahok – Djarot jika kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI sudah ia kuasai.

Ahok mengatakan, satu-satunya hal yang ia butuhkan dalam menghadapi debat adalah doa dari pendukungnya. Doa yang harus dipanjatkan adalah supaya sifat emosinya tidak keluar saat debat. “Saya minta didoakan supaya saya bisa mengendalikan diri saya,” ujar Ahok. (Pri)