KOPERASI SYARIAH 212, MOMENTUM MENGINGAT KEMBALI SEMANGAT BERDIRINYA DEPARTEMEN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

KOPERASI SYARIAH 212, MOMENTUM MENGINGAT KEMBALI SEMANGAT BERDIRINYA DEPARTEMEN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

286
0
SHARE

BataraNews.com – Lahirnya Departemen Agama Republik Indonesia (Depag RI) tidak dapat dipisahkan dari proses negosiasi politik umat Islam di Indonesia. Fakta menunjukkan sejak dalam proses perumusan dasar negara khususnya sejak pembentukan ( BPUPKI) para perwakilan tokoh Islam pada saat itu sudah mulai memperjuangkan bahwa Negara Indonesia nantinya harus mengakomodasi aspirasi umat Islam yang merupakan kelompok mayoritas, sehingga Negara Republik Indonesia dicita-citakan berdasarkan atas Islam.

Keinginan untuk menjadikan Islam sebagai dasar Negara Indonesia ternyata mendapat tantangan cukup keras terutama dari kalangan nasionalis dan non muslim yang suaranya cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian timur. Sehingga Soekarno pada saat itu memunculkan konsep Pancasila yang kemudian menjadi dasar Negara.

Badan Pekerja Komite Nasioal Indonesia Pusat (BPKNIP) mengusulkan agar negara Indonesia hendaknya mendirikan kementerian agama yang khusus dan tersendiri. Usul tersebut mendapat dukungan secara aklamasi, hal ini menunjukkan bahwa adanya kementerian agama di Indonesia adalah kesepakatan atas keinginan seluruh rakyat Indonesia. Kementerian Agama disyahkan berdasarkan PP No.I/SD tanggal 3 Januari 1946 yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari berdirinya Departemen Agama RI. (sumber :www.humasdepag.or.id)

Akhir-akhir ini, muncul gagasan untuk mendirikan koperasi syariah 212 sebagai kelanjutan dari konsolidasi umat islam se-Indonesia. Tak lain dan tak bukan, bahwa koperasi syariah ini dilatarbelakangi oleh pentingnya umat islam membangun ekonomi bersama demi kesejahteraan ummat. Di sisi lain, koperasi 212 adalah momentum untuk merajut kembali persatuan umat islam.

Spirit yang hendak dibangun dari koperasi syariah 212 adalah semangat ukhuwah islamiyah dengan tujuan membangun kemandirian serta kesejahteraan umat islam di Indonesia. (Azk)

 

loading...