Anies : PemKot Jakarta Belum Adil, Gaji Guru PAUD Jauh DI Bawah...

Anies : PemKot Jakarta Belum Adil, Gaji Guru PAUD Jauh DI Bawah Gaji Pasukan Orange

431
0
SHARE

BataraNews.com – Anies Baswedan bilang di Jakarta saat ini Guru pendidikan PAUD atau TPA gajinya tidak sampai 1,5 juta sementara PPSU atau Pasukan Oranye 3,1 juta.

“Ini bukan keadilan namanya”, kata Anies.

Menurut saya, peran guru sangat penting. Di China, status dan posisi sosial guru setingkat dokter. Sangat dihormati. Sedemikian penting peran guru, tidak berlebihan bila upahnya dinaikan, dan kesejahteraannya ditingkatkan.

Ahok abaikan masalah kesejahteraan guru PAUD. Dia naikan gaji PPSU supaya jalanan dan sungai lebih bersih. Kebersihan ini jadi dagangan politiknya.

Anies menyadari arti penting pendidikan bagi sebuah bangsa. Saya kira, Anies-Sandi bakal naikkan upah guru PAUD tanpa mengorbankan PPSU. Malah upah PPSU akan naik, sekalipun prosentasenya tidak sebesar kenaikan upah guru PAUD.

Rencana ini realistis. Kuncinya adalah: political will. Anies-Sandi bisa mengurangi alokasi anggaran dana operasional gubernur yang kelewat besar di tangan Ahok. Post dana operasional gubernur ini tidak perlu dilaporkan. Entah, dipake buat apa saja dana operasional gubernur itu.

Publik ngga lupa, Ahok sering undang artis ibukota makan malam. Dewi Persik, Maia, Sandra Dewi dan lain sebagainya pernah merasakan jamuan Ahok. Mungkin, acara semacam itu dibiayai dari dana operasional gubernur yang dimaksud di atas. (Azk)