China Gelar Latihan Perang Pertama dengan Melibatkan Kapal Induk

China Gelar Latihan Perang Pertama dengan Melibatkan Kapal Induk

594
0
SHARE

BataraNews.com – Militer China untuk pertama kalinya menggunakan kapal induk dan pesawat tempur dalam sebuah latihan militer yang digelar di Laut Bohai yang berdekatan dengan Korea Selatan (Korsel). Media China melaporkan pada Kamis, sebanyak 10 kapal perang dan 10 pesawat terlibat dalam latihan perang di udara dan laut yang juga melibatkan rudal tersebut.

“Ini pertama kalinya skuadron kapal induk melakukan latihan dengan amunisi dan tentara sungguhan,” demikian laporan CCTV China yang dilansir Okezone, Sabtu (17/12/2016).
Kapal induk Liaoning dan formasi kapal perang China melakukan latihan pencegatan udara, latihan anti serangan udara, dan latihan anti rudal. Seorang pejabat angkatan laut China mengatakan latihan ini ditujukan sebagai untuk menguji peralatan dan tingkat pelatihan yang didapatkan pasukan.

Kesuksesan pengoperasian Liaoning, kapal induk China buatan Soviet, menjadi langkah pertama dari jalan menuju pengerahan kapal induk buatan dalam negeri pertama China pada 2020. Kementerian Pertahanan China telah mengonfirmasi pembuatan kapal induk keduanya pada Desember 2015, meski belum ada keterangan yang jelas mengenai waktu peluncurannya. (Pri)