Tiga Marketplace Ini Ajak Para Petani Jualan Online

Tiga Marketplace Ini Ajak Para Petani Jualan Online

640
0
SHARE

BataraNews.com – Meskipun agak ketinggalan dalam segi adaptasi teknologi Internet, perkembangan industri kreatif di bidang teknologi informasi masih cukup menggembirakan. Setidaknya pemerataan bidang usaha yang bisa di-online kan semakin beragam. Seperti misalnya Marketplace-marketplace berikut ini memiliki ‘concern’ kepada produk –produk pertanian.

Marketplace-marketplace ini dibikin untuk tujuan yang hampir sama yaitu mempersingkat tata niaga produk pertanian menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menambah pendapatan bagi para petani.

Namun, faktor ‘edukasi’ teknologi untuk para petani harus juga ditingkatkan dengan cara misalnya mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke kelompok tani atau koperasi tani. Bila ini konsisten dijalankan bukan tidak mungkin swasembada pertanian akan dapat terwujud.

Berikut ini 3 Marketplace yang khusus menyediakan produk-produk pertanian.  Yuk kenalan dulu.

1. LOFMart atau sekarang lebih dikenal kecipir.com

Berdiri pada 22 Aprill 2013, Kecipir.com awalnya menjual sayuran organik. Namun belakangan ini kecipir.com juga sudah menyediakan buah-buahan organik seperti alpukat, pisang ambon, pepaya kalifornia, dan lainnya. Di luar sayuran dan buah-buahan organik, LOFMart melengkapi produk jualannya dengan telur ayam negeri, beras putih, ayam probiotik, tempe organik, dan lainnya. Untuk sementara ini tercatat sekitar 80 produk yang tersedia.

Untuk bisa bertransaksi di LOFMart, konsumen mesti mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota. Namun, selain harus menempuh proses registrasi, calon anggota juga perlu menentukan “host” – lebih lengkap di poin selanjutnya – dimana konsumen bisa mengambil produk yang sudah dipesan.

Keuntungan dari sistem keanggotaan ini selain mendapatkan produk organik, diharapkan para anggota dapat bertemu komunitas sesama konsumen produk organik. Dari interaksi ini pula diharapkan sesama anggota dapat mengembangkan ide-ide mengenai cara hidup yang lebih sehat dengan produk organik.

2. Sikumis.com

Berdiri pada sekitar tahun 2013, Sikumis.com merupakan pemain marketplace pertanian yang juga cukup terkenal.

Sikumis.com adalah marketplace dan toko online bagi para petani, nelayan, peternak dan beragam UKM makanan dan minuman berbasia agri serta pedagang pasar tradisional, pertama dan terbesar di Indonesia.

Hadir dengan 7 komoditas yang terdiri dari ribuan kategori dan sub kategori maka anda akan menemukan ratusan ribu produk yang jarang didapat atau susah di cari di dunia internet, ke-7 komoditi itu adalah Pertanian, Perkebunan & Kehutanan, Peternakan, Perikananan & Kelautan, Lingkungan Hidup & Taman, Buku, Pelatihan & Software dan Prasarana & Sarana Pertanian.

3. Agribisnispedia.com

Berdiri belum setahun, Agribisnispedia.com merupakan marketplace agribisnis yang meliputi pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan mulai dari produk input, hasil budidaya, produk olahan, produk agroindustri, pemasaran, dan jasa penunjang. Agribisnispedia.com menghubungkan pelaku usaha agribisnis dengan konsumen secara online.

Agribisnispedia.com hadir  dan memberi solusi atas terjadinya kegagalan pasar (market failure) melalui i) memberikan akses kepada setiap orang untuk memasarkan produk agribisnis yang dihasilkan dan menemukan produk agribisnis yang dibutuhkan, ii) memperpendek rantai tataniaga, karena produsen dapat melakukan penjualan kepada konsumen tanpa perantara, iii) mengurangi monopoli dengan terciptanya pasar persaingan sempurna, dan iv) mengurangi kesenjangan harga karena produsen dapat menjual produk langsung ke konsumen sehingga harga yang diterima produsen lebih tinggi dan harga yang diterima konsumen lebih rendah dari biasanya.(jsh)