AAE dan CSA Institute Mendukung Program “Yuk Nabung Saham”

AAE dan CSA Institute Mendukung Program “Yuk Nabung Saham”

SHARE

BataraNews.com-Tanggal 7 Oktober 2016, Bursa Efek Indonesia, IDX Channel dan CSA Institute melakukan penandatanganan MOU dalam rangka acara Yuk Nabung Saham Goes To Campus.
Asosiasi Analis Efek  dan CSA Institute mendukung program Yuk Nabung Saham yang dicanangkan Bursa Efek Indonesia. Kami melihat program Yuk Nabung Saham yang dijalankan belum maksimal disebabkan keberhasilan investasi melalui nabung saham sangat bergantung dengan kinerja perusahaan yang dipilih.

Oleh karena itu pemilihan emiten yang akan dijadikan objek nabung saham sangatlah penting. Karena nabung saham sifatnya jangka panjang, dan mengutamakan return dari dividen yang diberikan.

Pekerjaan analis adalah membantu investor dalam memilih saham dengan fundamental yang baik. Kami para analis setiap hari bergelut dengan data untuk memberikan rekomendasi saham sebagai wahana investasi.

Oleh karena itu kami para Analis, ingin membantu program Yuk Nabung Saham dengan memberikan analisa mengenai emiten yang baik secara kinerja dan tepat untuk dijadikan pilihan pada program nabung saham khususnya untuk Jangka Panjang.

Pada dasarnya kami berpandangan emiten yang dapat dijadikan pilihan haruslah emiten yang memiliki komitmen tidak saja mensejahterahkan perusahaan yang bersangkutan, namun juga untuk mensejahterakan pemegang sahamnya. Hal ini ditunjukkan dengan pembagian dividen yang rutin.

Selain itu karena time frame nabung saham yang jangka panjang, maka emiten tersebut haruslah memiliki going concern dan prospek yang baik, serta dikelola oleh manajeman yang memiliki reputasi yang baik.

Proses kegiatan ini adalah mengumpulkan anggota-anggota kami yang menjadi analis di berbagai institusi dan mengcover berbagai sector serta meminta masukkan terkait perkembangan terhadap emiten – emiten di pasar modal serta perkembangan terkini.

Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya kami sepakat bahwa diperlukan aspek-aspek yang kompleks untuk dapat menjadi acuan pemilihan tersebut. Berikut adalah 5 aspek yang sepakati menjadi acuan pemilihan tersebut.

1. Aspek going concern.

2. Aspek profitabilitas emiten di masa mendatang.

3. Aspek likuiditas saham.

4. Aspek good corporate governance.

5. Aspek keterbukaan terhadap pemegang saham

Setelah melakukan seleksi dan analisa terhadap seluruh emiten di Bursa Efek Indonesia, akhirnya kami mendapatkan terdapat 40 emiten yang kami rekomendasikan dalam program Yuk Nabung Saham. Berikut adalah daftar emiten tersebut.

ADHI BSDE JSMR RALS
ADRO CPIN KAEF ROTI
AKRA ERAA KLBF SMGR
ASII GGRM LPKR SRIL
BBCA HMSP LSIP TLKM
BBNI ICBP PGAS UNTR
BBRI INCO PPRO UNVR
BBTN INTP PTBA WIKA
BJBR ISSP PTPP WSKT
BMRI JPFA PWON WTON

Seluruh emiten yang terpilih akan direkomendasikan dalam program Yuk Nabung Saham dalam Goes To Campus “Yuk Nabung Saham dan CSA”. Selain itu emiten-emiten tersebut akan direkomendasikan oleh para analis untuk menjadi objek nabung saham.

Kedepannya kami akan terus melakukan update dan review terhadap seluruh emiten tersebut. Dalam prosesnya kami tidak mempertahankan jumlah emiten yang kami rekomendasikan. Akan tetapi kami mempertahankan standar kriteria yang telah disepakati. Jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya jumlah emiten yang direkomendasikan dapat bertambah atau berkurang.
Semoga rekomendasi kami ini dapat menjadi masukan bahkan acuan bagi investor yang ingin melakukan investasi dalam program Yuk Nabung Saham. (FHD)