Diplomat Muda Berbakat, Nara Masista Rakhmatia , Pidato di PBB tentang HAM

Diplomat Muda Berbakat, Nara Masista Rakhmatia , Pidato di PBB tentang HAM

SHARE

BataraNews.com – Indonesia menjawab dan mengkritik sikap enam negara yang menuding pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua dalam forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), di New York, Amerika Serikat. Dalam Sesi ke-71 KTT PBB yang digelar 13-26 September itu, pemimpin enam negara Pasifik mendesak respons PBB terhadap keadaan di Papua.

Mereka membahas soal kekhawatiran akan keadaan dan pelanggaran HAM yang terjadi di Papua Barat. Indonesia kemudian mengirim utusannya bernama Nara Masista Rakhmatia, untuk menyampaikan hak jawab di forum tersebut. Dalam paparannya, Nara menyampaikan bahwa Indonesia jauh lebih baik soal penegakan HAM dibanding enam negara yang coba mengusik Indonesia lewat Papua.

Diplomat muda beraparas cantik ini juga menutup pidatonya dengan sebuah pepatah, bahwa “Ketika seseorang menunjukkan jari terlunjuknya pada orang lain, jari jempolnya otomatis menunjuk pada wajahnya sendiri.”

Diplomat muda ini sukses membuat heboh para netizen dengan video pidatonya tersebut. Wanita berusia 34 tahun ini adalah seorang diplomatik muda. Nara adalah lulusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia tahun 2002. Nara pernah menjadi peneliti di Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution (CERIC) dan peneliti di Center for East Asia Cooperation Studies. Dua lembaga itu berada dibawah naungan FISIP UI.

Banyak karya jurnal yang pernah dibuat Nara salah satunya mengenai kebijakan luar negeri seperti Intrastate Conflict Management: The Twin Track Approach, the United Nations and ASEAN in Myanmar pada tahun 2010.

Dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya, Nara pun diterima menjadi PNS Kementrian Luar Negeri dan ditempatkan di Direktorat Kerjsama Antar Kawasan pada Direktorat Jenderal Urusan Asia Pasifik dan Afrika.

Nara Nara Masista Rakhmatia juga pernah ditempatkan di New York setelah ia menjadi Head of Section for Budget and Management Committe (BMS) APEC.

Tak berhenti sampai situ saja, Diplomatik Indonesia cantik ini juga melanjjtkan kuliahnya di Universitas St Andrews Inggris hingga akhirnya Nara Rakhmatia menjadi juru bicara Indonesia untuk Forum PBB.(azk)

Paket Umroh Murah