Jokowi Rekrut Pendiri Situs AliBaba untuk mengembangkan E-commerce di Indonesia

Jokowi Rekrut Pendiri Situs AliBaba untuk mengembangkan E-commerce di Indonesia

627
0
SHARE

BataraNews – Kabar terbaru datang dari konglomerat China yang juga Founder Alibaba Group Jack Ma. Dia dikabarkan siap menjadi penasihat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini menyusul konfirmasi Alibaba Group yang menyatakan, bahwa sang bos telah menerima tawaran sebagai penasihat ekonomi untuk bidang e-commerce Presiden Jokowi.

Dilansir dari Ecommerceiq.Asia, Kamis (07/9/2016), tujuan dari perekrutan Ma adalah untuk membantu mengembangkan industri e-commerce di Indonesia, yang saat ini berkembang pesat khususnya di kawasan Asia Tenggara. Ma disebutkan akan menjadi bagian dari steering committee Indonesia yang terdiri dari 10 menteri.

“Pemikiran dibalik ini adalah untuk membuat posisi Indonesia di pasar internasional lebih menonjol,” ujar Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara dalam sebuah video yang dirilis oleh Sekretariat Negara.

Permintaan Presiden Indonesia Joko Widodo kepada Pendiri Alibaba Jack Ma, untuk menjadi penasihat pengembangan industri e-commerce negara Asia Tenggara, ternyata tak sepenuhnya diterima Jack Ma. Namun karena ada misi tertentu Jack Ma akhirnya menerima.

Seorang juru bicara Alibaba saat dikonfirmasi Asianikkei pada Rabu (8/9/2016) bahwa Jack Ma telah menerima tawaran dari Jokowi, tapi sebenarnya Ma menolak untuk mengungkapkan rinciannya. Namun karena Alibaba Group ada kepentingan untuk memperluas kehadirannya di Asia Tenggara , termasuk Indonesia hal ini menjadi peluang emas buat Alibaba.

Karena dengan menerima tawaran tersebut ( Penasihat pengembangan industri e-commerce) dapat memungkinkan Alibaba untuk memasuki semua aspek bisnis di Indonesia dari pasar e-commerce Indonesia. Juru bicara Alibaba mengatakan melihat peluang besar dapat masuk ke Indonesia.

Sebelumnya  telah diketahui bahwa AliBaba telah memiliki saham E-Commerce Lazada yang memang masih bermain manis di E-Commerce Nasional. Apakah langkah Jokowi  kali ini mampu menghidupkan dan mengembangkan E-Commerce di  Tanah Air ataukah justru hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Kita akan lihat hasilnya di waktu mendatang.

loading...