Peringati HUT Asep Sunandar, Hari Ini Giliran Wayang Golek Jadi Google Doodle

Peringati HUT Asep Sunandar, Hari Ini Giliran Wayang Golek Jadi Google Doodle

SHARE

BataraNews – Siapa yang tak kenal Asep Sunandar atau lebih dikenal juga Asep Sunarya. Bagi Anda yang lahir di bawah tahun 1990 pasti kenal banget dengan tokoh yang satu ini. Iya, Asep Sunandar adalah salah satu tokoh seniman dan budayawan yang kreatif yang berhasil menciptakan seni wayang golek menjadi tontonan yang tidak membosankan.

Waktu cannel  televisi tidak sebanyak sekarang, pertunjukan wayang ditelevisi lumayan memberikan hiburan warga Indonesia khususnya yang tinggal di pulau Jawa.Namun, terobosan Dalang Asep Sunandar lah yang membuat tontonan wayang golek menjadi begitu diminati saat itu.

Dalang Asep -lah yang membuat terobosan pada wayang golek dengan memodifikasi wayang golek yang dimainkannya. Modifikasi yang dimaksud antara lain membuat wayang golek raksasa (buta) yang kepalanya bisa terburai saat terkena hantaman gada, Cepot yang dapat mengangguk, dan Arjuna dengan panahnya.

Dalang Asep Sunandar Sunarya lahir di Kampung Jelekong, Baleendah, Bandung pada 3 September 1955. Ia meninggal dunia pada 31 Maret 2014 karena serangan jantung.

Walaupun telah tiada, karya-karya telah menginspirasi dunia seni budaya perwayangan di Indonesia. Dalang Asep juga lah yang melambungkan ikon Cepot sebagai salah satu simbol wayang golek.

Kejeniusan inilah yang membuat namanya terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain penghargaan di dalam negeri.  Asep Sunandar juga pernah diminta menjadi dosen luar biasa di Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Dia mengajar selama dua bulan  dan sempat dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis.

Pada 1994 silam, Asep pernah merintis pentas di luar negeri. Negara yang disambangi antara lain Inggris, Belanda, Swiss, Perancis serta Belgia.  Untuk memperingati ulang tahun dalang Asep Sunandar yang jatuh pada hari ini,  google mengangkat Tema Wayang golek pada google Doodle.

Paket Umroh Murah