TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR

TIPS MENGATASI MASALAH TIDUR

SHARE
Illustrasi

BataraNews – Sebagian orang tidak mendapatkan kecukupan tidur yang disarankan untuk kinerja puncak. Berikut adalah tip mendapatkan tidur cukup menurut Comprehensive Epilepsy and Sleep Disorders Center di Baylor Regional Medical Center, Texas.

1. Kendalikan kafein

Minum secangkir besar kopi ketika bangun pagi dan minum lebih banyak lagi sesudah makan malam, karena kebiasaan atau ingin tidur malam, melawan kemampuan tubuh untuk tidur pulas dengan sendirinya. Batasi kafein terutama 6 jam sebelum tidur.

2. Kurangi stres (beban pikiran)

Berbaring dengan mata terbuka di malam hari mencemaskan tanggung jawab di rumah atau di tempat kerja tak ada gunanya kecuali membuat sulit tidur. Jadi, lepaskan masalah sebelum tidur. Begitu kepala menyentuh bantal, satu-satunya tugas anda adalah tidur.

3. Atur ulang jadwal olahraga di malam hari

Olahraga membantu tubuh, tapi melakukannya terlalu dekat dengan jam tidur dapat mengganggu karena membuat lebih sulit tertidur. Tidur membuat temperature tubuh turun sekitar 1 derajat. Olahraga membuat panas dan perlu beberapa jam untuk pendinginan yang memadai untuk tidur.

4. Kembalikan jadwal tidur teratur

Berangkat tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, pun di akhir pekan.

5. Ciptakan suasana tenang

Matikan tv dan musik, matikan lampu dan mandi air hangat untuk membangun suasana yang tenang. Coba baca sebentar di ranjang sebelum mematikan lampu.