J. S. Badudu pakar bahasa Indonesia Wafat

J. S. Badudu pakar bahasa Indonesia Wafat

515
0
SHARE
J. S. Badudu

BataraNews.com – Pakar bahasa Indonesia, Jusuf Sjarif Badudu, meninggal dunia, Sabtu (12/3) malam ini. Almarhum meninggal dunia karena sakit, di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, dalam usia 89 tahun. Sosok ini lahir di Gorontolo 19 Maret 1926.

Menurut Ananda Badudu, cucu ketujuh dari sosok yang akrab disebut J. S. Badudu itu, almarhum meninggal pada pukul 22.10 WIB. Almarhum meninggalkan 9 anak, 9 menantu, 23 cucu, dan 2 cicit. Sang istri, Eva Henriette Alma Koroh, sendiri sudah terlebih dahulu meninggal dunia pada 16 Januari 2016 lalu.

Ananda mengatakan belum bisa dipastikan kapan jenazah dimakamkan dan di mana akan disemayamkan. Rumah duka sendiri berada di Jalan Bukit Dago Selatan Nomor 27, Bandung.

J. S. Badudu adalah pakar bahasa Indonesia dan guru besar Linguistika di Universitas Padjajaran, Bandung. Pada periode 1974-1979 dia pernah membawakan acara Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI.

Selain mengajar dan menulis berbagai artikel dan sejumlah buku yang berkaitan dengan bahasa Indonesia, J.S. Badudu juga menyusun setidaknya empat kamus, yaitu: Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia terbitan 1975, Kamus Umum Bahasa Indonesia tahun 2001, dan Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Dia juga dikenal sebagai penganjur penggunaan tata bahasa yang baik dan benar.

Menurut Ananda, sebelum wafat, sang kakek telah menderita komplikasi penyakit yang diderita pada masa tuanya. Dua hari sebelum wafat, J.S. Badudu dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin karena serangan stroke. “Semasa hidupnya, dia sudah beberapa kali diserang stroke ringan maupun berat, sehingga kondisi fisiknya semakin lama semakin menurun,” kata Ananda kepada CNN Indonesia, Minggu (13/3) dini hari.