6 cara mengurangi stress menghadapi kemacetan di jalan

6 cara mengurangi stress menghadapi kemacetan di jalan

SHARE

BataraNews.com – Bepergian dengan mobil pribadi mungkin menjadi salah satu pilihan transportasi bagi kebanyakan orang. Namun, kemacetan yang parah di kota-kota besar bisa membuat kegiatan menyetir menjadi sesuatu yang sangat melelahkan. Tambahan lengkingan klakson, kendaraan lain yang menyerobot jalur, dan angkutan umum yang berhenti makin mendongkrak tingkat stres anda di jalanan. Dan anda harus waspada dengan kondisi ini. Menurut The American Institute of Stress, stres dalam jangka panjang berakibat buruk bagi kesehatan jantung, reproduksi, dan pencernaan. Belum lagi masalah emosional seperti depresi dan rasa khawatir yang berlebihan. Agar semua ini tak berbuntut panjang bagi anda, berikut kami berikan beberapa tip agar anda tetap relaks ketika berkendara di tengah kemacetan.

1. Berangkat Lebih Awal

Anda terjebak di jalan bersama ratusan mobil lain sedangkan ada presentasi penting 15 menit lagi. Lampu lalu lintas pun seolah bersekongkol untuk menghambat anda ke tujuan. Rentetan nyaring bunyi klakson sama sekali tidak menolong membubarkan kemacetan. Di balik kekesalan Anda dengan ruwetnya jalanan, sempat tebersit penyesalan kenapa tidak berangkat lebih awal. Ya, takut terlambat adalah salah satu penyebab utama anda merasa stres ketika berkendara. Maka, selalu alokasikan waktu lebih dengan berangkat lebih cepat ketika ingin berkendara ke suatu tempat. Mungkin akan terasa sulit pada awalnya, apalagi jika anda seseorang yang supersibuk. Tapi, dengan mulai membiasakan diri meluangkan waktu lebih, anda dapat mencegah stres.

2. Sediakan Cemilan

Menyetir dalam jangka waktu lama dapat menguras energi. Perut kosong bisa membuat emosi anda lebih gampang tersulut dan mendatangkan stres. Tentunya agak sulit untuk mencari tempat makan di saat anda sedang berjuang dengan kemacetan, bukan? Karena itu, selalu siapkan snack di mobil anda. Tentu saja, bukan jenis camilan berkalori tinggi seperti gorengan atau nachos. Pilihlah kacang-kacangan, terutama almond, sebagai camilan dalam perjalanan anda. Kandungan vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc dalam almond berperan besar memperbaiki mood dan menghalau stres. Camilan lain seperti kismis dapat mengembalikan energi anda yang terbuang selama mengemudi.

3. Redakan dengan Aroma

Taruhlah wewangian beraroma peppermint atau lavender di mobil anda untuk mengurangi stres. Penelitian dari University of Marlyand Médical Center menemukan, kedua aroma wewangian tersebut dapat mengurangi rasa lelah dan meredakan stres. Alternatif lain adalah dengan mengunyah permen karet rasa peppermint.

4. Maksimalkan Perangkat Audio

Perangkat audio di mobil anda tentunya bukan hanya pemanis di dashboard. Berbagai fitur mulai dari radio, TV hingga GPS kini sudah menjadi standar di mobil-mobil terbaru. Dengarkan lagu favorit anda untuk menurunkan ketegangan berlebihan selama mengemudi. Menurut ELizabeth Scott, M.S., pengarang 8 Keys to Stress Management, musik dapat memberikan kebahagiaan dan menjadi obat stres yang sangat ampuh. Selain itu, kenapa tidak mencoba meningkatkan kemampuan bahasa anda selama berkendara? Saat ini sudah banyak CD audio untuk belajar berbagai bahasa asing. Anda bisa melepas stres sekaligus merayu si dia dengan bahasa Perancis yang baru anda pelajari. Jet’aime mon chéri….

5. Ubah Rutinitas

Seberapa sering anda melewati jalan yang sama dari rumah ke kantor dan sebaliknya? Setiap hari? Rutinitas yang sama setiap hari akan menciptakan kebosanan. Cobalah sekali-kali untuk mengubah rute perjalanan anda dengan mencari jalan alternatif yang baru. Siapa tahu, anda bisa menemukan rute yang lebih lancar. Selain itu, dengan melihat hal-hal baru selama perjalanan, anda dapat mengurangi risiko timbulnya stres. Tapi ingat, jangan sampai anda malah kesasar. Gunakanlah peta atau GPS untuk mengantisipasi kemungkinan tersesat.

6. Beralih ke Kendaraan Umum

bus wayBeralih ke kendaraan umum merupakan solusi terbaik untuk kemacetan. Selain mengurangi volume kendaraan di jalan, banyak hal yang bisa kita lakukan jika naik kendaraan umum seperti tidur, membaca buku, chatting, dan berkenalan dengan orang baru. Silahkan di coba dan di share untuk saling berbagi.

Paket Umroh Murah