Ciptakan Lagu Autis, Muncul Petisi Desak Souqy Band Tarik Lagu Dari Peredaran

Ciptakan Lagu Autis, Muncul Petisi Desak Souqy Band Tarik Lagu Dari Peredaran

SHARE

BataraNews.com – Grup band Souqy mendapat kecaman di media sosial lantaran membuat lagu berjudul ‘Autis’. Lirik lagu tersebut dianggap melecehkan penderita autisme.

Buntut dari kecaman tersebut, sebuah petisi yang dibuat di change.org mendesak Nagaswara Music Corp, label yang mendistribusikan lagu tersebut agar menarik dari peredaran. Dalam petisi yang dibuat oleh Ikhwatul Khairiyah, Selasa (13/1) tersebut juga meminta Nagaswara Music Corp dan band Souqy menyampaikan permohonan maaf di depan publik.

“Menuntut pihak Nagaswara Music Corp untuk menarik lagu Autis yang dibawakan oleh Grup Band Souqy dari peredaran, dan meminta keduanya untuk menyampaikan permohonan maaf di depan publik.”

Dalam petisi yang berisi 14 paragraf tersebut, Ikhwatul menuliskan kebebasan berekspresi dan berkarya yang kebablasan ketika menjadikan autis bahan candaan. Ketika ada sekelompok individu yang sejak lahir dikaruniakan keterbatasan dari sang Pencipta untuk terlahir sebagai autis, mereka dengan seenak perut menyebut orang normal yang cuek terhadap lingkungan sebagai autis.

“Entah apa yang ada dalam pikiran grup band Souqy dengan menciptakan lagu berjudul Autis. Tidakkah sebelum menjadikan autis sebagai bahan lagu mereka, hanya akan semakin menyebarkan anggapan dan pandangan yang keliru terhadap apa arti autis yang sebenarnya. Tahukah Bento Syauqi selaku pencipta lagu, bagaimana perjuangan para penyandang autis dan keluarganya agar mereka bisa hidup normal dan layak sebagaimana manusia biasa lainnya.”

“Agaknya Nagaswara dan Souqy Band perlu bertemu dan melihat langsung bagaimana keseharian penyandang autis yang sebenarnya. Pernahkan mereka melihat penyandang autis mengamuk hingga membenturkan kepala ke tembok karena terganggu dan orang tuanya sudah kehabisan akal untuk menenangkannya.”

Dari penelusuran bataranews.com, sejak dibuat, hingga Senin pukul 07.15 WIB (16/11), petisi tersebut telah ditandatangani 2907 pendukung. Sejumlah nama besar yang terlibat di industri musik, mengecam lirik lagu band tersebut yang dianggap melecehkan tersebut.

Salah satu orang yang mengecam adalah mantan vokalis Drive, Anji. Pria yang sekarang menjadi solois itu menyayangkan pihak label musik yang meloloskan lagu tersebut hingga beredar.

“Ada sebuah band namanya Souqy, rilis single judulnya AUTIS. Kenapa label sama manajemennya gak ngingetin ya itu gak bagus…” tuli Anji melalui akun Twitter pribadinya, Selasa (13/1).

“Atau jangan-jangan orang manajemen/labelnya gak ngeh bahwa kata AUTIS sepatutnya bukan buat becandaan…” lanjutnya.

Pemimpin redaksi majalah Trax, Andre Opa meminta agar sejumlah radio tidak memutar lagu band asal Sawangan Depok tersebut. Desakkan ini ditulis Opa melalui akun Twitter-nya.

“Jgn sampe ada radio yg mutar lagu “Autis”, krn sama saja gak punya hati sprti @SouQy_Band ini. Autis dibuat becandaan.”

Paket Umroh Murah