Wali Kota Bogor Tegas Larang Perayaan Hari Raya Syiah, Asyura

Wali Kota Bogor Tegas Larang Perayaan Hari Raya Syiah, Asyura

SHARE

BataraNews.com – Surat berisi larangan perayaan Asyura (hari raya kaum Syiah) di Kota Bogor beredar di media sosial. Surat tertanggal 22 Oktober 2015 itu dikeluarkan oleh Kesbangpol Kota Bogor dan ditandatangani langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

IMG_20151023_161900Isi surat tersebut melarang jamaah Syiah di Kota Bogor untuk merayakan hari rayanya. Bahkan, upaya mobilisasi massa jamaah Syiah dari dalam maupun dari luar Kota Bogor pun dilarang untuk dilakukan.

Menurut surat edaran ini, larangan tersebut muncul setelah Wali Kota mempertimbangkan sikap dan respon dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor Nomor: 042/SEK-MUI/KB/VI/2015 tentang Faham Syiah.

Selain itu, Wali Kota juga mendapatkan laporan dari organisasi masyarakat (ormas) di Kota Bogor yang menolak segala bentuk kegiatan keagamaan Syiah di wilayah Kota Bogor.

Pelarangan ini juga berdasarkan hasil rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor.

Untuk diketahui, sebelumnya MUI dan Ormas Islam Kota Bogor sempat mengadakan rapat koordinasi dengan Kapolres, Dandim, dan Pemkot Kota Bogor pada Rabu (21/10/2015) malam.

Rapat koordinasi ini terkait perayaan Asyura dan kegiatan mobilisasi massa kaum Syiah di wilayah Kota Bogor, yang puncaknya dikabarkan akan digelar pada Jumat (23/10/2015) ini.

Paket Umroh Murah