Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Bagai Musafir Tanpa Arah dan Tujuan

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Bagai Musafir Tanpa Arah dan Tujuan

SHARE

BataraNews.com | Haris Rusly – Petisi 28

“…tiada tujuan yang kau harap, mata angin tak kau hiraukan, ke barat kau melangkah, ke timur juga kau tuju, ke utara kau pergi, ke selatan pun engkau berlari, musafir berkelana (blusukan) sepanjang waktu, musafir apa arti hidupmu, musafir apa yang kau cari…” (Lagu Musafir, Panbers)

Demikianlah kira-kira gambaran nyata tentang kepemimpinan Presiden Joko selama satu tahun memimpin Indonesia, bagaikan lirik lagu Musafir yang dinyanyikan group band Pambers.

Sebuah pemerintahan yg dibentuk tanpa landasan filosofi yang kokoh, tanpa kompas (penunjuk arah), tanpa konsep & strategi, berkelana atau “blusukan” sepanjang waktu, sambil membawa kamera mengabdikan pemandangan yg etnik, seperti pemandangan kebakaran hutan & asap pekat yang menebar racun, dll.

Model “musafir politik” yang dipraktekan Presiden Joko dapat dilihat dari: Pertama, disatu sisi di dalam visinya ygan tertuang dalam Nawacita, Presiden Joko menghendaki terciptanya pemerintahan yg bersih dengan memperkuat KPK & institusi penegak hukum lain, seperti Polri & Kejaksaan. Namun, pada prakteknya, Presiden Joko justru melemahkan KPK dengan membiarkan kriminalisasi terhadap para komisioner KPK, membuat & mengedarkan Kepres kepada para institusi penegak hukum agar Kebijakan Pemerintah Tidak Boleh Dipidana, dll.

Di satu sisi, Presiden Joko menancapkan visi pembangunan pemerintahan yang bersih, namun di dalam misi atau prakteknya justru melakukan pelemahan terhadap institusi anti korupsi.

Bahkan, yang mengherankan, berkembang pandangan yang sangat “ngawur” di dalam Kabinet Kerja Joko-Kalla, bahwa pemberantasan korupsi telah menciptakan kegaduhan politik yang menghambat masuknya investasi asing.

Aneh, bukannya selama ini investor asing enggan menanam modal di Indonesia karena tingginya kejahatan korupsi & tingginya biaya siluman (melebihi ongkos produksi untuk upah buruh).

(Berlanjut)

Paket Umroh Murah