Teten Masduki: Selama Ini Singapura Menikmati Oksigen Dari Hutan-Hutan Indonesia

Teten Masduki: Selama Ini Singapura Menikmati Oksigen Dari Hutan-Hutan Indonesia

SHARE

BataraNews.com – Menanggapi kemarahan Menteri Luar Negeri Singapore, K Shanmugam terkait kabut asap yang berasal dari kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menyadari dan meminta Singapura memahami kondisi itu.

Menurut Teten, Singapura selama ini memperoleh keuntungan dari usaha perkebunan di Indonesia.

“Pastilah ini asap sangat meluas asap dari yang dihasilkan dari kebakaran lahan sawit atau lahan konsensi untuk sawit atau gambut atau hutan memang cukup meluas ya. Saya kira Singapura harus memahami kesulitan kita untuk memadamkan (api) ini karena bukan satu hal yang sederhana,” kata Teten di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/9/2015) sebagaimana dilansir laman tribunnews.

Bahkan menurut Teten, Singapura selama ini juga menikmati oksigen yang dihasilkan hutan-hutan Indonesia selama sembilan bulan, sebelum kebakaran terjadi.

“Kita juga tahu banyak industri kebun, tambang yang menyimpan hasil ekspornya di Singapura,” kata Teten.

Saat ini, kata dia, pemerintah berusaha keras untuk melakukan pemadaman. Selain itu, lanjut Teten, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar pencabutan izin segera dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan yang diketahui melakukan pembakaran.

“Pemerintah tidak diam bahkan sekarang memikirkan bagaimana kebakaran hutan yang terus menerus terjadi selama 17 tahun ini bisa kita hentikan,” ucap Teten.

Paket Umroh Murah